Simak! Bocoran Saham yang Laris Diborong Asing

Senin, 16 November 2020 - 11:10 WIB
loading...
Simak! Bocoran Saham yang Laris Diborong Asing
Foto/Ilustrasi/SINDOnews
A A A
JAKARTA - Head of Research PT Panin Sekuritas, Nico Laurens menyebut bahwa investor asing masih akan terus menyasar ke beberapa saham yang merupakan pendorong Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) . Adapun beberapa saham diantaranya sektor komunikasi dan perbankan.

"Jadi kalau kita lihat sebenarnya sama kaya kemarin, saham-saham seperti telekomunikasi, perbankan, itu saham saham yang indeks base, mereka akan masuk ke saham-saham yang punya kapitalisasi pasar besar, ini keliatannya bakal ngedrive," ujar Nico dalam acara Market Opening IDX Channel, Senin (16/11/2020).



Nico menambahkan, besarnya pengaruh saham di dua sektor itu terhadap IHSG sangat mempengaruhi minat dari investor asing, terlebih sektor perbankan yang memiliki kontribusi sekitar 30 sampai 40 persen. "Jadi, (30 sampai 40 persen) itu besar banget mungkin asing akan masuk ke situ, buat bank BRI, Mandiri, itu posisi untuk hari ini," katanya.



Selain itu, dengan adanya penguatan IHSG dalam pembukaan perdagangan pagi ini disebut Nico masih dipengaruhi oleh masuknya investor asing. Sebab, jika dilihat dari indeks relatively kenaikannya tidak terlalu banyak. "Empat tahun belakangan kita masih up and down dari sisi foreign investor, market sekarang itu sebenarnya trennya agak beda dengan market 2018, ketika itu indeksnya bisa naik tapi tren dr sisi asing masih positif," ucapnya.

"Cuma kalau sekarang kita lihat pasarnya dari divergen sudah kembali lagi covergen, jadi artinya sudah mulai masuk, pasarnya kembali mengalami penguatan dan itu kita lihat dari sisi pergerakan sustainability buat indeks harusnya positif ke depannya dan jadi sentimen yang bagus untuk market," sambungnya.
(nng)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.0974 seconds (0.1#10.140)