Industri Mebel dan Kerajinan Megap-megap, Pemerintah harus Turun Tangan

Rabu, 18 November 2020 - 14:00 WIB
loading...
A A A
Bantuan pemerintah dalam bentuk natura hampir semuanya produk industri besar yang umumnya memiliki kekuatan pasar dan modal hingga dua atau lima tahun ke depan. Program bantuan sosial itu justru memberi amunisi dalam nilai puluhan triliun rupiah kepada kongkomerat dan pihak lainnya mendapatkan keuntungan ekonomi.

Jika bantuan itu diberikan dalam bentuk tunai atau pengadaan barang pemerintah kepada pelaku UMKM, bukan hanya terjadi perputaran uang di masyarakat secara merata, tetapi juga penyelamatan lapangan kerja, kelanjutan industri, dan meminimalisir peluang munculnya para spekulan dan oknum memanfaatkan kepentingan ekonomi pribadi.

(Baca juga:Terhambat Regulasi, Industri Mebel dan Kerajinan Perlu Diselamatkan)

“Saya meminta kepada Presiden Jokowi untuk melihat kehancuran ekonomi yang dialami pelaku bisnis nasional, terutama UMKM di tengah pandemi Covid-19 dengan kacamata komprehensif dan bukan parsial, apalagi dari para pembisik,” kata Sobur.

Pemerintah, lanjut Sobur, khususnya Presiden Jokowi punya kekuatan. Namun nyaris mandul karena para pelaksana birokrasi mulai dari eselon III hingga jenjang di atasnya tidak melaksanakan amanat Perpres Pengadaan Produk Nasional.

Sobur mencontohkan di industri mebel dan kerajinan. Jika pemerintah memberikan kesempatan pengadaan bangku dan peralatan sekolah dari industri mebel dan kerajinan nasional, diyakini bisa menghidupi jutaan pelaku usaha UMKM di Indonesia.

Keputusan politik itu penting karena ada puluhan juta sekolah di seluruh Indonesia, dengan klaster industri berbasis budaya dan tingkat kandungan dalam negeri (TKDN) yang tinggi di setiap provinsi di Indonesia. Nyatanya kan tidak. Pengadaan kebutuhan sekolah di Indonesia hampir dipenuhi produk impor yang menguasai pasar mebel domestik. Kalau saja langkah sederhana ini dilakukan, berapa puluh juta atau mungkin ratusan juta stake and share holder di Indonesia yang akan hidup.

“Saya yakin, Presiden Jokowi sangat paham kultur bisnis berbasis kayu yang beliau geluti sendiri selama puluhan tahun. Namun sayangnya potensi ekonomi dan konstituen politik yang pro pemerintah ini dibiarkan merana dan satu per satu mati. Padahal tak ada satu kelurahan di republik ini yang tidak ada tukang furniture, dan tidak ada satu ruang sekecil apapun yang tidak butuh mebel atau kerajinan,” tutur Sobur.
(dar)
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1030 seconds (0.1#10.140)