Jelang Vaksinasi di 2021, Wapres Tekankan Pentingnya Simulasi dan Kesiapan Data

Jum'at, 20 November 2020 - 08:02 WIB
loading...
Jelang Vaksinasi di 2021, Wapres Tekankan Pentingnya Simulasi dan Kesiapan Data
Wakil Presiden Maruf Amin. Foto/Dok SINDOphoto/Eko Purwanto
A A A
JAKARTA - Pemerintah akan segera melakukan vaksinasi Covid-19 kepada seluruh masyarakat Indonesia. Rencanannya, vaksinasi akan dilakukan selambat-lambatnya pada tahun 2021 mendatang.

Wakil Presiden (Wapres) Ma’ruf Amin mengatakan, simulasi sangat penting untuk memastikan kesuksesan dari vaksin Covid-19. Sebab, langkah ini dilakukan sebagai upaya agar proses vaksinasi Covid-19 kepada seluruh penduduk Indonesia dapat berjalan dengan lancar.

"Jadi ada beberapa persiapan yang harus disiapkan, supaya nanti vaksinasinya itu berjalan dengan baik,” ujarnya melalui keterangan tertulis, Jumat (20/11/2020).

( )

Menurut Ma’ruf simulasi meliputi beberapa aspek. Dari mulai simulasi untuk pendataan hingga sampai ke tahap pendistribusian harus dipersiapkan dengan matang.

“Termasuk menyiapkan data-data, nama-nama yang akan divaksin di seluruh Indonesia, kemudian juga tahapan-tahapannya, kemudian juga bagaimana nanti pendistribusian vaksinnya," ucapnya.

( )

Lebih jauh, Wapres menjelaskan bahwa selain simulasi vaksinasi di berbagai daerah, pemerintah juga menyediakan pelatihan-pelatihan untuk semua petugas vaksin. "Bahkan juga sudah direncanakan bagaimana limbah vaksin yang banyak itu harus ditangani," kata Ma’ruf.
(ind)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1771 seconds (0.1#10.140)