Persiapkan 1.000 UKM Siap Ekspor, Sekolah Ekspor-Bhinneka.Com dan Aprindo Keroyokan

Senin, 30 November 2020 - 21:41 WIB
loading...
A A A
Produk zaman sekarang haruslah produk yang inovatif. Pelaku usaha kecil yang umumnya juga sekaligus mengelola dan menjalankan operasional perlu ditingkatkan kompetensi SDM melalui pelatihan secara berkelanjutan untuk bidang kompetensi utama seperti manajemen bisnis, keuangan, produksi, pemasaran dan penjualan serta teknologi untuk memacu pendayagunaan teknologi produksi dan pasca produksi dalam rangka meningkatkan daya saing produk-produk yang dihasilkan UMKM.

2. Go International Standard Product

Produk masa kini, termasuk produk yang dihasilkan UMKM dan bahkan yang dipasarkan di pasar domestik perlu memenuhi standar internasional sehingga lebih mudah diterima pasar dan siap diekspor.

3. Go Retail

Go Retail dengan mengajak dan memfasilitasi para UMKM masuk ke pasar ritel, khususnya para peritel modern akan membuat para UMKM punya akses pasar lebih besar dan memacu para pelaku UMKM untuk membandingkan produk dan pengelolaan bisnis dibanding dengan kompetitornya, dan bisa belajar dengan apa yang dilakukan perusahaan besar yang sudah lebih dulu berdagang di toko ritel.

4. Go Digital

Go Digital dengan mendorong para UMKM memasarkan produknya di Marketplace e-commerce akan membukakan akses pasar baru dan memberi kesempatan luas bagi para UMKM untuk membandingkan produknya dengan produk sejenis dari dalam dan luar negeri sehingga akan memacu perbaikan kualitas dan daya saing produk.

5. Go Global

Bila para UMKM sudah punya produk inovatif yang memenuhi standar internasional, sudah masuk pasar ritel nasional dan Marketplace e-commerce, maka memasuki pasar global akan menjadi lebih mudah. Ekspor merupakan hasil sebuah proses berkelanjutan.

6. Go Competitive
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1172 seconds (0.1#10.140)