Teknologi Block Chain Bantu Penikmat Kopi Tak Salah Seruput

Kamis, 03 Desember 2020 - 00:23 WIB
loading...
Teknologi Block Chain Bantu Penikmat Kopi Tak Salah Seruput
Foto/Ilustrasi/SINDOnews
A A A
JAKARTA - Blue Korintji Coffee kini bekerja sama dengan Emurgo, perusahaan Jepang, yang memiliki teknologi block chain . Blue Korintji Coffee menjajaki penggunaan teknologi tersebut untuk memberi tahu kepada para penikmat kopi, perihal perjalanan produk kopi itu dengan terdata yang terjamin.

Block chain merupakan serangkaian catatan data yang dikelola oleh sekelompok komputer yang tidak dimiliki satu entitas. Masing-masing blok data ini (yaitu blok) diamankan dan diikat satu sama lain menggunakan prinsip kriptografi. Dengan demikian, block chain merupakan sebuah konsep teknologi yang berguna untuk menjaga asal usul dan keaslian suatu industri bisa terdata dan terjamin.( Baca juga:VMware Umumkan Kehadiran Platform Blockchain Kelas Enterprise )

“Block Chain ini adalah masa depan, tapi belum terlalu banyak orang yang paham block chain dan mengerti cara menggunakan atau memprogram block chain. Oleh karena itu, Emurgo bekerja sama dengan universitas yang ada di Indonesia dalam mengembangkan konsep block chain tersebut,” tutur Budi Isman, Founder Blue Korintji Coffee, dalam keterangan resminya (2/12/2020).

Dalam menerapkan block chain sebagai usaha kopi pertama, Blue Coffee Korintji memiliki nilai tambah dalam keterlibatannya mengontrol mata rantai pasok kopi kerinci. Sehingga, mampu memberikan keuntungan dalam kepercayaan kepada konsumen dari luar negeri maupun petani yang menanam kopi.

“Pilot projek pertama kita (Emurgo dan Blue Korintji Coffee), yakni bekerja sama dengan salah satu kelompok tani Alam Korintji (ALKO) dalam bentuk pembinaan kepada petani, selain itu kami sudah melakukan kerja sama di Kintamani Bali sudah mulai memakai block chain teknologi,” jelas Shunsuke Murasaki, CEO Emurgo.

Emurgo meyakini manfaat besar akan dirasakan oleh petani-petani Indonesia, sebab melalui konsep block chain ini, setiap kopi yang diproduksi memiliki transparansi dan asal usul yang jelas sehingga memberikan dampak besar dalam harga jual ekspor. “Ke depannya keterbukaan akan keaslian produk menjadi sebuah tren di kalangan masyarakat di seluruh dunia. Jadi, apabila Indonesia tidak memulai saat ini, kemungkinan akan sulit bersaing di pasar global,” tegas Shunsuke. ( Baca juga:Soal PKPU, PT Sentul City Tbk Tetap Utamakan Penyelesaian Secara Musyawarah )

Oleh sebab itu, salah satu visi dan misi Emurgo dalam meningkatkan industri kopi di Indonesia adalah meningkatkan kredibilitas dan transparansi suatu produk kopi dalam menjaga industri yang berkelanjutan. Dengan mengusung value “preserving nature and empowering community”, Blue Korintji Coffee memberikan model yang bukan hanya sekedar mencari keuntungan namun memberikan dampak terhadap lingkungan sosial, khususnya pemberdayaan kepada petani-petani lokal di Indonesia.
(uka)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1725 seconds (0.1#10.140)