Menteri Suharso: Gegara Pandemi dan Resesi, 1,4 Miliar Penduduk Dunia Terancam Jatuh Miskin

Kamis, 10 Desember 2020 - 11:44 WIB
loading...
Menteri Suharso: Gegara Pandemi dan Resesi, 1,4 Miliar Penduduk Dunia Terancam Jatuh Miskin
Foto/Ilustrasi/SINDOnews
A A A
JAKARTA - Menteri Perencanaan Pembangunan Nasional (PPN/Bappenas) Suharso Monoarfa memprediksi bahwa 1,4 miliar penduduk dunia akan jatuh ke jurang kemiskinan imbas pandemi Covid-19. ( Baca juga:Menteri Suharso Sebut Pandemi Bikin Bisnis Global Tertekan dan Ciptakan Kemiskinan )

"Dalam jangka waktu yang sangat pendek, pandemi ini sudah memengaruhi jutaan kehidupan di seluruh dunia. Bahkan, World Bank memperkirakan resesi dan pandemi menyebabkan 1,4 miliar juta jiwa akan jatuh ke jurang kemiskinan," ujar Suharso dalam video virtual, Kamis (10/12/2020).

Selain itu, sebanyak 80% para pekerja mengalami pemutusan hubungan kerja (PHK) lantaran 80% bisnis pendapatannya terdampak. Tidak sedikit pula bisnis yang menyatakan kebangkrutan.

"Hampir 80% bisnis menghadapi penurunan pendapatan drastis sejak pandemi ini," bebernya. ( Baca juga:Pengguna WhatsApp Dipaksa Setujui Syarat Baru atau Akun Hilang )

Sementara di dalam negeri, dia menambahkan, sudah 2,5 juta orang telah kehilangan pekerjaan sejak Indonesia dilanda resesi. "Untuk pertama kalinya sejak krisis keuangan, 2,5 juta penduduk sudah kehilangan pekerjaan dalam beberapa bulan saja sejak pandemi terjadi," tandasnya.
(uka)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.8871 seconds (0.1#10.140)