Sinergi Lutfi-Jerry Kunci Tingkatkan Kinerja Perdagangan Nasional

Kamis, 24 Desember 2020 - 20:15 WIB
loading...
Sinergi Lutfi-Jerry Kunci Tingkatkan Kinerja Perdagangan Nasional
Sinergi Mendag M Lutfi dan Wamendag Jerry Sambuaga menjadi kunci perbaikan kinerja perdagangan Indonesia ke depan. Foto/Ilustrasi
A A A
JAKARTA - Sinergi Mendag Muhammad Lutfi - Wamendag Jerry Sambuaga diyakini akan menjadi kunci bagi perbaikan kinerja perdagangan nasional. Hal itu diungkapkan pengamat ekonomi Indef Esther Sri Astuti menanggapi soal pergantian menteri perdagangan.

Esther berharap keduanya diharapkan bekerja keras dan saling melengkapi. Pasalnya masih banyak agenda perdagangan Indonesia yang harus dituntaskan, antara lain menjaga surplus perdagangan, peningkatan ekspor produk yg mempunyai nilai tambah, peningkatan local content (TKDN) pada produk produk ekspor Indonesia, peningkatan daya saing produk ekspor.

(Baca Juga: Ini Cara Mendag Baru Jaga Kestabilan Harga saat Libur Natal Tahun Baru)

Sebagi solusinya, menurut Esther pertama adalah bahwa Kemendag dan kementerian/lembaga lain harus punya koordinasi yang kuat untuk mendukung sinergitas agar kebijakan yang dikeluarkan dapat mendorong surplus perdagangan. Kedua, penguatan basis data untuk mengidentifikasi potensi pasar bagi produk produk Indonesia.

"Hari-hari pertama ini sangat krusial dalam membangun komunikasi dan kesepahaman bersama itu. Saya berharap di tahap ini mereka sudah mencapai itu dan merumuskan solusi dan kerangka kerja yang tepat untuk menyelesaikannya," ungkapnya.

Terkait dengan itu, Wamendag Jerry memastikan dirinya siap bekerja sama dengan siapa saja. Menurut Jerry, Muhammad Lutfi adalah pekerja keras sekaligus intelektual dalam perspektif ekonomi dan perdagangan. Lutfi juga dikenal Jerry sebagai pribadi yang terbuka dan kolaboratif.

"Selalu siap. Apalagi dengan Pak Lutfi yang kapasitas dan reputasinya sudah kita ketahui bersama. Saya merasa terhormat bisa bekerja sama dan mendukung beliau," kata Jerry, Kamis (24/12/2020).

(Baca Juga: Ini Harapan Pelaku Usaha pada Duet Lutfi-Jerry di Kemendag)

Jerry mengamini agenda-agenda perdagangan yang urgent sebagaimana disebutkan Esther. Untuk itu, ia akan mendukung kerja Mendag baru sesuai dengan tupoksinya sebagai wamendag.

"Pemerintah di bawah Presiden Joko Widodo perdagangan Indonesia bertransformasi dan punya struktur kuat untuk memenuhi tantangan di dalam negeri maupun di luar negeri. Saya akan mendukung mendag dengan meningkatkan kinerja dan melanjutkan percepatan penyelesaian perdagangan dan meningkatkan ekspor nasional sesuai tupoksi saya," tambah Jerry.
(fai)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1907 seconds (0.1#10.140)