Ambisi Menhub Budi Soal Transportasi Massal Terintegrasi

Selasa, 29 Desember 2020 - 14:35 WIB
loading...
Ambisi Menhub Budi Soal Transportasi Massal Terintegrasi
Foto/Ilustrasi/SINDOnews
A A A
JAKARTA - Kementerian Perhubungan (Kemenhub) menargetkan akan membangun transportasi perkotaan dengan konsep antar-moda di sejumlah kota besar di Indonesia. Pembangunan itu seiring dengan keinginan pemerintah untuk menekan pengguna kendaraan pribadi.

Transportasi yang akan dibangun adalah mass rapid transit (MRT), light rail transit (LRT), hingga kereta rel listrik. Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi menginginkan, per harinya ada jutaan masyarakat yang menggunakan layanan transportasi umum sehingga dia menargetkan pada tahun-tahun mendatang transportasi seperti MRT dan LRT dapat melayani sekitar 2-3 juta penumpang per harinya.

"Kalau sekarang KRL sudah melayani satu juta penumpang, maka yang akan datang LRT, MRT, dan KRL dapat melayani penumpang dua hingga tiga juta penumpang," ujar Budi dalam Webinar, Selasa (29/12/2020). ( Baca juga:Menhub Tinjau Rapid Test Antigen di Bandara Soetta, Penumpang Reaktif Dapat Reschedule atau Refund )

Dia mengutarakan, pemerintah akan memasifkan pengguna MRT, LRT, dan KRL dengan menggunakan pendekatan integrasi antar-moda. Masifikasi itu tidak saja dilakukan di Jakarta yang telah memiliki ketiga jenis transportasi massa tersebut. Namun juga direalisasikan di sejumlah kota, seperti Surabaya, Bandung, hingga Medan dengan menggenjot pembangunannya.

"Antar-moda ini bukan saja ada di Jakarta, tapi juga di Surabaya, di Bandung, dan kota besar lainnya. Sehingga masyarakat kita arahkan ke angkutan massal, kita harapkan kota-kota besar di Indonesia bisa ketemu," kata dia. ( Baca juga:Facebook Tak Wajibkan Karyawan dapat Vaksin sebelum Masuk Kantor )

Budi sebelumnya memaparkan sejumlah capaian yang berhasil diraih oleh Kementerian Perhubungan di sepanjang tahun 2020 ini. Sejumlah capaian itu seperti aspek pembangunan untuk melayani masyarakat dan memastikan segala moda transportasi dapat berjalan dengan baik.

Capaian itu dilihat dari penyerapannya anggaran Kementerian Perhubungan yang mencapai sudah 95%. "Insya Allah Kemenhub akan mencapai penyerapan anggaran lebih dari 95%," ujar dia dalam telekonferensi.
(uka)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1501 seconds (0.1#10.140)