OPEC Cemas, Mutan Baru Corona Bikin Suram Permintaan Minyak Global

Senin, 04 Januari 2021 - 12:06 WIB
loading...
OPEC Cemas, Mutan Baru Corona Bikin Suram Permintaan Minyak Global
Ilustrasi OPEC. FOTO/REUTERS/Dado Ruvi
A A A
JAKARTA - Organisasi Negara-negara Pengekspor Minyak Bumi (Organization of the Petroleum Exporting Countries/OPEC) memproyeksikan risiko penurunan permintaan minyak dunia masih akan terjadi hingga pertengahan tahun ini. Pernyataan tersebut disampaikan oleh Sekretaris Jenderal OPEC Mohammad Barkindo pada Minggu (3/1) sebelum bertemu dengan sekutu yang dipimpin oleh Rusia untuk membahas tingkat produksi pada Februari mendatang.

"Di tengah tanda-tanda harapan, prospek paruh pertama 2021 sangat beragam dan masih banyak risiko penurunan yang harus dihadapi," kata Barkindo, seperti dikutip dari Reuters, Senin (4/1/2020).



Berdasarkan laporan Reuters, OPEC bersama sekutu atau dikenal dengan OPEC + akan membahas masalah tersebut pada Senin (4/1). Pemimpin OPEC Arab Saudi menyarankan agar pendekatan dengan sekutu dilakukan lebih hati-hati karena kebijakan pembatasan sosial dan ekonomi masih berlaku di sejumlah negara, belum lagi adanya kekhawatiran munculnya virus corona baru.

"Pembatasan aktivitas sosial dan ekonomi tetap berlaku di sejumlah negara, dan ada kekhawatiran tentang munculnya jenis baru virus yang merusak," kata Barkindo.

Dia menandaskan ekonomi global mulai pulih pada paruh kedua 2021 tetapi sektor-sektor seperti perjalanan, pariwisata, rekreasi, dan perhotelan membutuhkan waktu bertahun-tahun seperti sebelum adanya wabah corona. Meski begitu, OPEC Uni Emirat Arab dan non-OPEC Rusia tetap bersikukuh memilih peningkatan produksi lebih cepat.

Sementara itu, Pakar Energi dari Energy Aspect meyarankan akan lebih bijaksana apabila OPEC+ mempertahankan produksi dalam kondisi stabil. Di samping, ada preferensi di antara beberapa produsen terbesar untuk menahan produksi mengingat fundamental masih lemah.



Sebagaimana diketahui, pada Desember 2020, OPEC + memutuskan untuk meningkatkan produksi sebesar 0,5 juta barel per hari mulai Januari sebagai bagian dari kenaikan bertahap 2 juta barel per hari tahun ini, tetapi sejumlah anggota mempertanyakan perlunya peningkatan lebih lanjut karena penyebaran infeksi virus corona.

Tahun lalu, OPEC + terpaksa memangkas produksi dengan 2020 karena tindakan penguncian global yang menekan permintaan bahan bakar. OPEC + perdana memangkas produksi sebesar 9,7 juta barel per hari, kemudian diturunkan menjadi 7,7 juta dan akhirnya menjadi 7,2 juta dari Januari tahun lalu.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2476 seconds (0.1#10.140)