Indonesia Bakal Terima Vaksin Gratis Sebanyak 108 Juta Dosis

Kamis, 07 Januari 2021 - 21:37 WIB
loading...
Indonesia Bakal Terima Vaksin Gratis Sebanyak 108 Juta Dosis
Foto/Ilustrasi/SINDOnews
A A A
JAKARTA - Pemerintah melakukan penandatanganan formulir vaksin Gavi Covax Facility . Gavi-Covax merupakan kerja sama pengembangan vaksin antara Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) dan Aliansi Vaksin Dunia (Gavi). ( Baca juga:Sri Mulyani dan Menkes Budi Teken Formulir Pengajuan Vaksin Gavi Covax Facility )

Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin mengatakan pendatanganan ini perlu dilakukan karena merupakan salah satu langkah penting agar Indonesia memperoleh akses vaksin di luar Sinovac. Paling tidak, akses untuk mendapatkan 108 juta dosis vaksin gratis dari Gavi.

"Kita juga memiliki komitmen pasti dengan 125 juta dosis Sinovac, 50 juta Astrazeneca, dan 50 juta dosis Covavx. Jadi total 225 juta dosis vaksin yang pasti dan dalam waktu dekat kita akan tanda tangani," ujar Budi dalam video virtual, Kamis (7/1/2021).

Kata dia, dengan 225 juta dosis vaksin yang diperoleh, bisa mencukupi 185 juta masyakarat Indonesia. Serta bisa dilakukan vaksinasi gratis dalam mencegah penyebaran Covid-19.

"Jadi insya Allah bisa cukup dari 185 juta masyarakat Indonesia," katanya.

Lanjutnya, pengadaan vaksin dari Gavi tidak dipungut biaya makanya pemerintah tidak mengeluarkan anggaran dari pengadaan vaksin dari Gavi. Diharapkan adanya vaksin ini membuat Indonesia bisa pulih kembali. ( Baca juga:China Doakan Kondisi AS Kembali Stabil Pasca Penyerbuan Gedung Parlemen )

"Kenapa kita senang? Karena vaksin ini gratis dan pemerintah enggak memberikan biaya untuk vaksin dan kalau sudah selesai akan memulai proses distribusinya. Vaksiniasi ini semoga membuat Indonesia cepat pulih," tandasnya.
(uka)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1721 seconds (0.1#10.140)