Ini Tips Memilih Motif untuk Desain Ruangan

loading...
Ini Tips Memilih Motif untuk Desain Ruangan
Motif desain dalam ruangan akan memberikan kenyaman tersendiri bagi penghuni. (Foto: Dok/Arsitag)
SEPERTI halnya dengan warna, motif dalam sebuah ruangan dapat memengaruhi mood dalam ruangan. Motif dapat diaplikasikan pada dinding (wallpaper), lantai, dan soft furnishing.

Motif yang besar, tebal, dan memiliki banyak warna, dengan mudah menjadi pusat perhatian dalam ruangan tersebut. Ini berbeda dengan motif yang lebih kecil dan menggunakan warna netral. Motif seperti ini lebih terkesan hangat dan pucat. Bahkan, dari jarak jauh motif ini dapat terlihat seperti warna polos.

"Karena itu, perlu diingat bahwa motif yang terlalu kecil dan kurang variasi warna membuat ruang kurang 'hidup'," desainer interior Agam Riadi.

Ingat juga, untuk tidak memilih motif yang terlalu ramai. Ruangan dengan motif seperti ini akan membuat Anda merasa pusing serta tidak nyaman berlama-lama di dalam ruangan. Agam menyarankan, sebelum menentukan motif apa yang ingin digunakan ketahui dahulu ukuran rumah, perabotan, luas dinding, dan lainnya.



"Contohnya, motif garis-garis vertikal mampu membuat ruangan terlihat lebih tinggi, baik dalam ruangan yang besar atau kecil. Untuk ruangan kecil, hati-hati memilih motif yang ramai seperti floral. Jangan memilih ukuran motif yang terlalu besar karena akan membuat ruangan terkesan penuh," katanya.

Bagi ruangan besar, hindari penggunaan motif yang terlalu kecil karena mereka hanya akan terlihat seperti bintik. Motif kotak-kotak besar cocok untuk digunakan dalam segala ruang karena memiliki efek meluaskan. Namun, jika dalam ukuran kecil, motif ini membuat ruangan tampak lebih sempit.
(wan)
preload video
TULIS KOMENTAR ANDA!
Top