Ubah Suasana Area Makan dengan Tekstur Menarik

loading...
Ubah Suasana Area Makan dengan Tekstur Menarik
Penataan ruang makan dengan konsep pemilihan tekstur dan meterial tepat akan membuat ruangan menjadi lebih bernilai. (Foto: Dok/Furniture.id)
PEMILIHAN tekstur dan material yang unik pada dinding dapat menciptakan sensasi karena adanya interaksi objek dengan indra perasa. Masing-masing material memiliki sifat berbeda, sehingga tekstur yang didapat akan berbeda.

Pemilihan material bertekstur yang dapat diaplikasikan pada dinding pun beraneka ragam, mulai dari semen bertekstur, batu bata ekspos, batu alam, kayu, sampai tekstur relief yang dibuat dengan rangka gipsum atau multipleks.

Jika Anda ingin makeover area makan yang berbatasan dengan dapur melalui pengolahan tekstur material berikut adalah ide yang bisa dilakukan. Cara pertama, bisa dengan membuat partisi bermaterial kayu. Agar tidak terlihat tertutup dan memberikan kesan sempit, Anda bia memberikan motif berlubang pada partisi kayu tersebut.

"Kelebihan partisi berlubang adalah ruangan jadi tidak terasa sempit karena pandangan tidak terbatas di ruangan itu saja," ujar desainer interior senior Solichin Goenawan, Selasa (12/01/2021).



Untuk memberikan kesan luas lainnya, Anda bisa memberikan warna senda, yaitu cokelat di sisi kanan dan kiri dinding partisi. Jangan takut mengeksplorasi warna lain, karena warna cokelat kayu sangat fleksibel dan cocok dipadukan dengan hampir semua warna.

Jika Anda ingin memunculkan efek dinding kasar dan tidak beraturan, Anda dapat menggunakan batu alam. Dengan begitu, area ruang makan Anda akan terkesan lebih natural. Untuk menghindari kesan gelap pada ruangan, Anda bisa memilih batu alam berwarna abu-abu cerah atau warna muda lainnya.

"Agar tampilannya lebih berkesan, bisa beri hiasan bingkai kayu cokelat yang dilengkapi dengan lampu pada bagian sisinya, sehingga dapat memberikan efek dramatis di area ruang makan," lanjut Solichin.



Bata ekspos juga bisa tampil cantik sebagai pembatas di area ruang makan dan dapur. Jika tidak ingin terkesan monoton, bata dapat dipadukan dengan berbagai aksesori.

"Agar tidak terlihat masif, bata ekspos bisa diberi hiasan jendela kaca sehingga membuat pandangan dapat lapang," katanya.
(wan)
preload video
TULIS KOMENTAR ANDA!
Top