China Kecele, Ekspor Batubara Australia Tetap Kuat di 2020

Jum'at, 15 Januari 2021 - 21:47 WIB
loading...
A A A
Pembatasan China telah mengubah arus perdagangan batubara yang diangkut melalui laut di mana, alih-alih dikirim ke China, batubara Australia sekarang menemukan pelanggan di tujuan alternatif termasuk India, Pakistan, dan Timur Tengah, dan batubara yang diperdagangkan yang secara historis dikirim ke pasar ini menemukan jalannya ke China.

Secara keseluruhan, Pelabuhan Newcastle mengekspor total 158 juta ton batubara pada tahun 2020, dengan nilai USD18,5 miliar, hanya 7 juta ton lebih rendah dari volume ekspor yang relatif tinggi pada tahun 2019.

Kepala eksekutif Dewan Mineral New South Wales Stephen Galilee mengatakan itu adalah kabar baik bagi industri tersebut. "2020 adalah tahun kuat lainnya untuk ekspor batubara NSW meskipun ada berbagai tantangan," katanya dalam sebuah pernyataan.



Hal ini, kata dia, menunjukkan kemampuan sektor ini untuk beradaptasi dengan peluang dan pasar yang berubah, dengan batubara NSW diekspor ke sekitar 20 negara berbeda sepanjang tahun.

Kemenangan lainnya untuk industri ini, harga batubara termal naik secara signifikan pada akhir tahun 2020, naik dari yang terendah sekitar USD50 per ton, menjadi di atas USD80 per ton.

Simington melanjutkan, harga didorong tidak hanya oleh China tetapi juga Jepang dan negara-negara belahan bumi utara yang mengalami musim dingin. Namun, Simington juga mengatakan, sama sekali tidak ada tanda dari Pemerintah China untuk menyerah atas kebijakannya melarang batu bara Australia.

"Saya pikir Pemerintah China sedang menunjukkan kesiapannya untuk menanggung sedikit rasa sakit akibat meningkatnya harga batu bara," katanya.
(fai)
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1991 seconds (0.1#10.140)