5 Hal Penting Sebelum Sewa Rumah, Simak Baik-baik

Jum'at, 15 Januari 2021 - 22:35 WIB
loading...
A A A
Bila sudah menetapkan beberapa rumah yang sudah dipilih, sebaiknya cek rumah secara langsung. Ini sangat disarankan, karena jika melihat dari foto atau mengirim perwakilan saja tidak cukup.

Anda bisa melihat dan memeriksa kondisi rumah secara langsung. Jangan lupa cek kondisi atap, listrik, air, pintu, kloset dan lainnya. Apakah hal-hal tersebuut berfungsi dengan baik dan aman. Bila rumah memerlukan perbaikan yang cukup banyak, sebaiknya pindah ke pilihan lain.

4. Cari Tahu Informasi Seputar Daerah Tempat Tinggal

Perhatian pada lingkungan sekitar tempat juga tak kalah penting. Sebab tak hanya hunian saja yang memengaruhi rasa nyaman, tetapi juga lingkungan sekitarnya. Tanyakan pada pemilik rumah atau tokoh seperti RT dan RW seputar kondisi lingkungan, peraturan, biaya listrik air dan keamanan lingkungan. Anda juga disarankan menyimpan kontak telepn pengurus RT dan RW.

5. Baca Kontrak Perjanjian Sewa dengan Teliti

Bagi anda yang hendak menyewa rumah, baca dengan teliti surat kontrak perjanjian sewa. Diskusikan dengan pemilik rumah hal-hal yang membuat anda keberatan dan temukan kesepakatan yang menguntungkan dua belah pihak.



Jangan sungkan untuk bertanya secara detail. Misal di tengah-tengah sewa anda merasa tidak nyaman dan hendak pindah, apakah uang sisa sewa bisa dikembalikan atau malah hangus, atau bisa dipindahtangankan.

Tanyakan pula apa yang boleh dan tidak boleh Anda lakukan dengan rumah yang anda sewa. Misal melakukan renovasi atau yang lainnya. Jangan lewatkan pasal-pasal yang tertulis di kontrak perjanjian.
(akr)
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1405 seconds (0.1#10.140)