Cerdas dan Bijak dalam Membeli Rumah

Rabu, 27 Januari 2021 - 07:04 WIB
loading...
Cerdas dan Bijak dalam Membeli Rumah
Masyarakat harus lebih cermat sebelum memutuskan membeli rumah. (Foto: Dok/Pixabay)
A A A
MEMILIKI rumah adalah idaman semua orang, baik lajang maupun pasangan muda. Namun, mendapatkan rumah idaman, bagi sebagian orang tidak mudah, salah satunya terkendala dari sisi harga .

Bila Anda ingin membeli rumah idaman yang mempunyai lokasi di perumahaan, ada beberapa faktor yang harus disimak agar tidak salah menentukan lokasi atau tipe rumah yang diinginkan.Faktor utama yang paling diperhatikan adalah harga. Harga rumah selalu berbanding lurus dengan fasilitas di dalam dan di luar rumah yang dibangun pengembang. Bila fasilitas yang ditawarkan lengkap, pasti harganya lebih mahal, termasuk lokasi sangat menentukan harga.

Pakar properti Aryo Diponegoro menjelaskan, pada saat membandingkan harga sebaiknya perhatikan apakah harga tersebut sudah termasuk Hak Guna Bangunan (HGB), Izin Mendirikan Bangunan (IMB), pajak, atau biaya lainnya. Karena elemen yang termasuk dalam nilai jual sangat bervariasi, pastikan juga untuk membandingkan dengan total harga yang ditawarkan oleh pengembang.

Ada baiknya Anda tentukan terlebih dahulu, apakah Anda ingin membeli rumah yang siap huni (ready stock) atau inden. Beberapa perumahaan saat ini sudah menyediakan unit yang siap huni untuk tipe lebih besar, biasanya tipe 45 ke atas dan menetapkan sistem inden untuk tipe yang lebih kecil biasanya tipe 36 ke bawah.

Lokasi perumahan juga faktor terpenting dalam pemilihan rumah. Biasanya lokasi yang lebih prestisius atau strategis menuntut harga yag lebih mahal. Namun hal itu bukanlah masalah bagi sebagian orang.

Ada baiknya pertimbangkan lokasi ketika Anda membeli rumah agar dapat memudahkan pergi ke tempat bekerja atau belanja. Jangan lupa perhatikan juga bagaimana lingkungan di sekitar rumah tinggal, apakah mendukung perkembangan keluarga?

“Lokasi sangat berhubungan dengan akses rumah dari jalan dan kendaraan, kebanyakan rumah yang letakknya dekat stasiun atau jalan raya, pasti harganya akan lebih tinggi dibandingkan perumahan yang letakknya jauh dari jalan raya,” imbuh Aryo.

Selain akses kendaraan, lokasi rumah yang dipilih sebaiknya berada di lingkungan aman dan tidak berisiko banjir saat musim hujan. Begitu juga dengan fasilitas rumah, pastikan saat membeli sarana seperti listrik, air bersih, dan sarana lainnya telah memadai.

Bukan hanya harga dan lokasi, tahap berikutnya yang harus Anda perhitungkan adalah keindahan desainnya. Bayangkan sebuah perumahan dengan hamparan bunga dan hijaunya pepohonan yang tiap pagi menyambut Anda kala bangun dipagi hari, diiringi dengan eksotiknya dan desain indah, tentunya akan membuat Anda betah dan selalu bersemangat saat bangun di pagi hari.

Pada saat ini banyak sekali perumahan yang dibangun dengan sebuah tema atau berbeda tema sekalipun. Sebut saja tema Kampung Bali, tema Eropa, tema minimalis, tema mediterania, tema tradisional Jawa, dan sebagainya.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1832 seconds (0.1#10.140)