Cadangan Minyak Tinggal 9,5 Tahun, DEN: Ini Sangat Serius

Kamis, 28 Januari 2021 - 12:53 WIB
loading...
Cadangan Minyak Tinggal 9,5 Tahun, DEN: Ini Sangat Serius
DEN meminta semua pihak saling mendukung guna meningkatkan cadangan minyak dan gas untuk memenuhi kebutuhan energi nasional. Foto/Ilustrasi
A A A
JAKARTA - Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) belum lama ini menyampaikan prediksi umur cadangan minyak dan gas bumi di Tanah Air hanya tinggal beberapa tahun saja. Cadangan migas akan habis jika tidak ada penemuan cadangan baru ke depannya.

Umur cadangan minyak bumi diperkirakan hanya tinggal 9,5 tahun. Sedangkan cadangan gas bumi yang ada saat ini disebut masih mencukupi untuk 19,9 tahun ke depan.



Sekretaris Jenderal Dewan Energi Nasional (DEN) Djoko Siswanto mengatakan, fakta yang diungkapkan oleh Kementerian ESDM tersebut merupakan peringatan bagi semua pihak.

"Ya ini warning dari pemerintah. Kalau kita tidak melakukan apa-apa maka kita akan kehabisan minyak dan gas bumi," katanya dalam Market Review IDX Channel, Kamis (28/1/2021).

Djoko mengatakan, untuk mengatasi hal ini pemerintah telah banyak melakukan hal. Salah satunya, melakukan eksplorasi ke daerah-daerah untuk mencari cadangan baru. Saat ini, pencarian cadangan minyak dan gas bumi bergerak ke wilayah timur Indonesia.



Untuk itu, selain melakukan eksploitasi, pemerintah juga mendorong pengeboran untuk terus meningkatkan produksi.
Selain itu, kata Djoko, pemerintah juga melakukan berbagai cara agar permintaan gas dan minyak bumi tidak semakin tinggi setiap tahunnya.

Caranya, dengan adanya program kompor listrik, mobil listrik mau pun panel surya. "Ini sangat serius. Kita perlu fokus agar semua sadar tentang kondisi ini. Semua pihak kami harap bisa saling mendukung untuk hal ini," tegasnya.
(fai)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1240 seconds (0.1#10.140)