Uang Rp1.000 Gambar Soekarno Ditawar Rp5 Miliar, Tapi Ada Syaratnya

loading...
Uang Rp1.000 Gambar Soekarno Ditawar Rp5 Miliar, Tapi Ada Syaratnya
Ilustrasi. FOTO/Nanang Wijayanto
JAKARTA - Belum lama ini, viral sebuah video TikTok yang memperlihatkan uang Rp1.000 bergambar Ir.Soekarno yang bisa melengkung sendiri. Uang milik dari Wanita bernama Neng Rina Gustiana tersebut kini banyak yang menawar dengan harga fantastis.

Rina mengatakan, sejak video TikTok yang diuploadnya viral banyak yang menghubungi dirinya via pesan langsung atau Direct Message (DM). Bahkan ada beberapa orang yang menawar dengan harga Rp5 miliar demi bisa memiliki uang kuno tersebut. Namun Rina mengaku tidak mengetahui apakah uang tersebut asli atau tidak. Karena seseorang yang menawar dengan harga fantastis tersebut memiliki kriteria tersendiri untuk membeli uang kuno tersebut.

"Benar yang nawar sampai Rp5 miliar. Cuma saya enggak tahu kebenarannya, apa benar-benar ingin membeli atau hanya sekedar menawar. Karena untuk uang dengan harga segitu mereka memiliki kriteria. Apakah sesuai dengan yang mereka cari," ujarnya saat dihubungi MNC Portal Indonesia, Selasa (2/3/2021).

Baca Juga: Viral di TikTok, Uang Rp1000 Gambar Soekarno Ditawar Rp5 Miliar

Ada pun beberapa kriteria yang diminta oleh sang penawar adalah seperti uang tersebut harus bisa melengkung di atas telapak tangan, air panas hingga air es. Ada juga yang meminta uang tersebut harus memiliki tulisan kunfayakun.



"Beda-beda sih. Beberapa ada yang minta katanya yang mereka cari yang bisa melengkung di atas telapak tangan, air panas, dan air es.Ada juga yang minta harus ada tulisan kunfayakunnya. Punya saya enggak ada tulisan kun fayakun. Di atas telapak tangan dan air panas, bisa melengkung cepat. Kalau di atas air es, dia naik turun.Tapi kalau diperhatikan di bawah cahaya lampu, itu ada tulisan arabnya gitu," jelasnya.

Karena penasaran dengan syarat yang diajukan oleh sang penawar, wanita yang berprofesi sebagai Bidan itu pun melakukan percobaan pada uang kerta tersebut. Bahkan dirinya juga sempat membandingkan dengan uang yang beredar saat ini.

"Sudah (Dicoba). Di atas telapak tangan sudah seperti yang di TikTok. Di atas air panas sudah, sesuai permintaan mereka, di air es juga sudah sesuai permintaan mereka. Cuma pas di air es punya saya naik turun. Engga ke atas langsung. Beda kalau di air panas, dia ke atas langsung sampai terjatuh. Saya juga coba dengan uang sekarang. Tapi dia enggak melengkung baik itu di atas telapak tangan, air panas maupun air es," jelas Rina.

Wanita asal Banjaran, Kabupaten Bandung itu pun mengaku tidak percaya jika video isengnya banyak menarik minat dari kolektor. Rina pun mengaku tidak keberatan untuk menjual uang tersebut jika ada yang membeli dengan harga yang fantastis. Selain itu, hal lain yang membuatnya senang juga adalah karena saat ini makin banyak orang yang mengikutinya di akun sosial media TikTok. Semula followersnya hanya 12, namun setelah video tersebut viral kini naik menjadi sekitar 18.400 pengikut.

"Jujur siapa yang enggak senang, tiba-tiba ada yang berniat beli dengan harga fantastis. Siapa yang enggak mau. Hanya berawal dari iseng. Kalau memang ada yang mau dengan uangnya, boleh (dijual)," kata Rina.



Baca Juga: Geger Viral, Kepala Bea Cukai Jayapura Diduga Pukul Anak Buah

Selain uang pecahan Rp1.000 bergambar Soekarno, Rina juga mengaku masih memiliki beberapa uang kuno lainya. Dari mulai uang kertas hingga uang recehan, meskipun kondisinya sudah tidak lagi baik. "Ada kak beberapa lagi. Cuma sudah enggak utuh. Yang utuh hanya yang Rp1.000 pak Soekarno," kata Rina.
(nng)
preload video
TULIS KOMENTAR ANDA!
Top