Dampak Covid-19, Perputaran Uang Rp10,8 Triliun dari Kota Tidak Mengalir ke Daerah

Senin, 18 Mei 2020 - 23:48 WIB
loading...
A A A
Survei World Bank, ada 9 juta TKI di luar negeri jika menjelang Lebaran tahun ini, mengirimkan rata-rata 1 juta saja maka daerah akan menerima aliran tambahan sekitar Rp9 triliun. Namun kondisi tersebut dapat dipastikan bahwa remintansi dana Pekerja Migran Indonesia menjelang Lebaran tahun ini juga mengalami penurunan yang tajam.

Dengan Covid-19 yang melanda negara tempat TKI bekerja tentu para TKI juga akan lebih hemat dan punya hitung-hitungan untuk mengirimkan uang ke keluarganya di kampung. Bahkan data dari Kemenaker menyebutkan sudah hampir 34.000 TKI dari Malaysia pulang akibat kebijakan lockdown yang diterapkan di Malaysia, dan berpotensi semakin bertambah.

Melihat kondisi tersebut maka momen Lebaran tahun ini tidak dapat diharapkan dapat mendongkrak pertumbuhan ekonomi kuartal II, sebagaimana tahun tahun sebelumnya. Bahkan kita memprediksi pertumbuhan ekonomi kuartal II akan dibawah 2,97%, angka pertumbuhan ekonomi kuartal I.

"Kita pelaku usaha sangat berharap agar pemerintah benar-benar mampu mengendalikan dan mematikan penyebaran Covid-19 ini secepatnya melalui regulasi dan kebijakan yang konsisten, memperkuat koordinasi dengan pemerintah daerah dan standar protokol yang jelas dan tegas. Sehingga badai ini cepat berlalu, dunia usaha dapat aktif dan bergairah kembali," pungkas Sarman.
(bon)
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2037 seconds (0.1#10.140)