Pemangkasan Jabatan Eselon di Instansi Daerah Berjalan Lamban

Selasa, 09 Maret 2021 - 14:49 WIB
loading...
Pemangkasan Jabatan Eselon di Instansi Daerah Berjalan Lamban
Foto/ilustrasi/SINDOnews
A A A
JAKARTA - Pemerintah telah mencanangkan penyederhanaan birokrasi dengan memangkas eselonisasi dalam struktur kepegawaian sejak tahun 2019. Tiga struktur jabatan yang dipangkas antara lain eselon III, IV, dan V.

Hingga Maret 2021, pemangkasan eselonisasi di instansi daerah masih di bawah 50%. Menurut Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (MenPANRB) Tjahjo Kumolo tingkat pemangkasan sebesar itu terjadi karena adanya pilkada serentak. ( Baca juga: 1,3 Juta CPNS dan PPPK Direkrut, Tjahjo Kumolo Kasih Rincian Kebutuhan Pusat hingga Daerah )

“Bagi daerah baru 40% karena ada pilkada serentak kemarin,” katanya dalam acara penyampaian apresiasi hasil evaluasi penyelenggaraan pelayanan publik kementerian/lembaga, Selasa (9/3/2021).

Tjahjo menyebut bahwa Presiden Joko Widodo (Jokowi) memberikan target hingga Juni mendatang agar pemangkasan eselonisasi di instansi daerah selesai.

“Kami sudah diarahkan oleh bBapak Presiden,untuk daerah Juni harus selesai. Dalam pengertian memangkas eselon III, IV, V,” ungkapnya. ( Baca juga: Niat Bunuh Suami, Mertua yang Mati, Selengkapnya di Realita Selasa Pukul 15.00 WIB )

Berbeda dengan instansid daerah, Tjahjo menyebut pemangkasan di instansi pusat sudah mencapai lebih dari 90% saat ini. Ada 39.000 jabatan eselon yang berhasil dipangkas yang kemudian dialihkan menjadi jabatan fungsional.

“Kami menyampaikan terima kasih khususnya kepada kementerian/lembaga yang per hari ini di tengah pandemi Covid sudah mencapai 94% untuk penyederhanan birokrasi,” pungkasnya.

.
(uka)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1783 seconds (0.1#10.140)