Soal Impor Beras, Mendag: Tak Ada Perbedaan Pernyataan dengan Bulog

Jum'at, 19 Maret 2021 - 15:24 WIB
loading...
Soal Impor Beras, Mendag: Tak Ada Perbedaan Pernyataan dengan Bulog
Foto/dok
A A A
JAKARTA - Menteri Perdagangan (Mendag) Muhammad Lutfi menegaskan bahwa pemerintah tidak akan melakukan impor beras jika stok dalam negeri bisa dipenuhi oleh para petani. Jadi impor hanya akan dilakukan jika produksi memang kurang sehingga berdampak pada harga beras.

“Kalo panen bagus maka Bulog akan mengisi stoknya itu dari dalam negeri. Jadi jika penyerapan bagus kita tidak perlu impor. Tahun 2019 kita tidak impor, ini mekanisme yang dinamis sekali,” kata Lutfi dalam Konferensi Persnya, Jumat (19/3/2021). ( Baca juga: Mendag Lutfi Sesumbar Harga Daging cuma Akan Naik Tipis Saat Lebaran )

Ia menekankan bahwa aturan yang ada saat ini bahwa Bulog itu harus mempunyai stok cadangan beras sebasar 1,5 juta ton. Hal ini, katanya, merupakan bagian tugas dari Kemendag untuk memastikan stok beras itu ada.

“Bulog itu harus punya iron stock 1,5 juta ton. Baik Bulog akan melakukan pengadaan dari dalam ataupun dari internasional,” terangnya.

Selain itu, Lutfi juga menepis anggapan tidak adanya koordinasi antar kementerian dan lembaga. Menurutnya tidak ada perbedaan statmen antara Kemendag, Kementan, dan Bulog.

“Saya tidak melihat ada perbedaan statmen antara Kemendag, Kementan dan Bulog. Tapi pakemnya Bulog harus punya iron stock. Kita tidak pernah bilang kalo lebih atau kurang. Kita hanya bilang bahwa Bulog harus mempunyai iron stock 1,5 juta ton,” tegasnya. ( Baca juga: Tarif Prostitusi Online di Hotel Alona Rp400 Ribu hingga Rp1 Juta )

Ia menambahkan bahwa dirinya sebagai Mendag harus memikirkan kemungkinan terburuk jika nantinya beras dalam negeri tidak terpenuhi. Meskipun Badan Pusat Statistik (BPS) meramalkan bahwa beras akan melimpah.

“Saya harus memikirkan yang tidak dipikirkan sama yang lain. Pada tahun ini kita mau panen, kita ingin lihat benar gak ramalan dari BPS. Kalo terpenuhi kita tidak impor,” tandasnya.
(uka)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2204 seconds (0.1#10.140)