Ini Dia Kursus Paling Favorit Peserta Kartu Prakerja

loading...
Ini Dia Kursus Paling Favorit Peserta Kartu Prakerja
Peserta kartu Prakerja di semester pertama 2021 ini sudah mulai menggunakan saldo Prakerja di berbagai platform mitra. Adapun beberapa jenis kursus yang paling favorit di kalangan peserta kartu Prakerja yakni. Foto/Dok
JAKARTA - Para peserta kartu Prakerja di semester pertama tahun 2021 ini sudah mulai menggunakan saldo Prakerja mereka di berbagai platform mitra , dengan nilai sebesar Rp1 juta per orang. Sejauh ini pemerintah sudah membuka pendaftaran gelombang ke-14, dengan jumlah peserta yang diperkirakan sebanyak 600 ribu orang di setiap gelombangnya.

Deputi Bidang Koordinasi Ekonomi Digital, Ketenagakerjaan dan UMKM, Rudy Salahudin pada pernyataan persnya beberapa waktu lalu mengatakan, sepanjang tahun 2020 terdapat 5.3 juta peserta kartu Prakerja yang menerima insentif, dari 6.1 juta orang yang mendaftar, dengan jumlah insentif yang sudah dikeluarkan sebesar Rp13.35 triliun. Hal ini tentu saja memberikan dampak positif bagi para pesertanya, dalam hal peningkatan keterampilan dan kesejahteraan.

Baca Juga: Setahun Berjalan, Kartu Prakerja Bisa Meningkatkan Kualitas Tenaga Kerja

Berdasarkan Survei Evaluasi Manajemen Pelaksana Program Prakerja dilansir bahwa 97% peserta berpendapat pengetahuan yang mereka dapatkan merupakan skill baru yang mereka tidak pernah dapatkan sebelumnya, dan 90% peserta Prakerja berniat melampirkan sertifikat penyelesaian kursus saat mereka melamar pekerjaan. Selain fakta tersebut, diketahui bahwa di tahun 2020 saja program ini telah menambah 47% jumlah wirausaha dari kalangan peserta Prakerja setelah mereka menerima insentif yang diberikan.



Efektifitas serapan program Prakerja ini tak lain juga merupakan upaya bersama antara pemerintah melalui Manajemen Pelaksana, platform edukasi, dan lembaga pelatihan. Pelatihan-pelatihan yang ditawarkan platform mitra didominasi kategori pelatihan yang sesuai dengan kebutuhan pasar. Diantaranya terkait dengan Penjualan dan Pemasaran, Gaya Hidup, Bahasa Asing, Makanan dan Minuman, dan masih banyak lagi.

Hal ini diamini juga oleh platform mitra. Dalam pernyataan persnya, CEO Pintaria, Novistiar Rustandi mengatakan peserta Prakerja yang melakukan pelatihan di Pintaria banyak memilih jenis kursus yang bisa langsung bisa dipraktikkan.

Adapun beberapa jenis kursus yang paling favorit di kalangan peserta kartu Prakerja di platform Pintaria antara lain Memulai Bisnis Kreatif Kaos Tie Dye (G-Trust), Memulai Bisnis Digital dari Awal (Cyber Edu Inkor), Membuat dan Menjual Masker Kain Melawan Virus Corona (Skill Academy), Bahasa Inggris Dasar untuk Resepsionis (Cakap), Cara Mudah Membuat Banana Choco Roll (Baking World).

“Kami melihat tingginya antusiasme peserta Prakerja didasarkan pada kebutuhan untuk meningkatkan kualitas diri dalam pekerjaan, berwirausaha dan ekonomi digital kreatif,” ujarnya.

Baca Juga: Kartu Prakerja Buka Peluang Usaha, Jokowi: Ekonomi Akan Lebih Baik

Efektifitas pembelajaran di Pintaria bisa dilihat juga dari completion rate atau tingkat penyelesaian kursus. Mengacu pada pernyataan pemerintah yang menyatakan bahwa 5.3 juta orang dari 6.1 juta peserta yang sudah menerima insentif, hal itu setara dengan 86.6% tingkat penyelesaian kursus. Di Pintaria, angka tingkat penyelesaian bisa mencapai 91%.



“Di Pintaria, kami mendapatkan 91% completion rate atau tingkat penyelesaian, yang berarti melebihi standar rata-rata completion rate keseluruhan peserta. Hal ini menunjukkan bahwa kursus yang ditawarkan Pintaria mampu memuaskan dan bermanfaat untuk para peserta,” tutup Novistiar.

Pintaria sebagai mitra platform resmi Prakerja bekerja sama dengan lembaga pelatihan terkurasi yang berkualitas dan terpercaya dalam menyelenggarakan kursus-kursus berkualitas dan bersertifikat, dengan keunggulan kursus yang cepat, mudah dipahami, dan bermanfaat.
(akr)
preload video
TULIS KOMENTAR ANDA!
Top