IDX Channel Sharia Fair 2021, Indonesia Menuju Pusat Ekonomi dan Keuangan Syariah Dunia

Jum'at, 02 April 2021 - 14:29 WIB
loading...
A A A
Direktur IDX Channel Apreyvita Wulansari mengatakan tahun 2021 merupakan tahun penting bagi perkembangan industri syariah di tanah air. Hal ini didorong dengan sejumlah penguatan Salah satunya dmelalui Perpres Nomor 28 Tahun 2020, yaitu dengan membentuk Komite Nasional Ekonomi dan Keuangan Syariah (KNEKS).

“Tahun ini menjadi momentum yang baik bagi perkembangan industri keuangan syariah di Tanah Air. terutama di sektor perbankan, dengan hadirnya bank syariah indonesia, diharapkan akan memperbesar pangsa pasar perbankan syariah.

kontribusi perbankan syariah di indonesia masih di bawah 10% dari total pangsa pasar perbankan yang mencapai Rp8.793,2 triliun dari total 110 bank di seluruh indonesia per maret tahun lalu.

Di sisi lain, salah satu sektor ekonomi syariah yang berkembang pesat di Indonesia adalah industri produk halal. Bagi pengusaha, sertifikasi halal bias dijadikan daya tarik pembeli agar lebih aman saat mengonsumsi produk. Sedangkan bagi konsumen, label halal membuat mereka merasa aman dan tenang dalam menjatuhkan pilihan untuk produk yang akan dikonsumsi.

Bank Syariah Indonesia mencatat pada Juli 2020, ekspor neto produk halal Indonesia mencapai USD1,61 miliar, tertinggi selama 2 tahun terakhir. Transaksi produk halal di e-commerce juga terus meningkat, hal tersebut menandakan prospek bisnis syariah yang cukup menjanjikan ditengah Covid-19 melalui pemanfaatan teknologi digital.

IDX Channel Sharia Fair 2021 sendiri bertujuan untuk mendukung rencana pemerintah dalam menjadikan Indonesia sebagai Pusat Ekonomi dan Keuangan Syariah Dunia, serta membantu industri produk syariah untuk lebih dikenal oleh masyarakat Indonesia dan juga dunia. Agar industri syariah Indonesia dapat semakin berjaya dan meningkatkan perekonomian nasional.
(fai)
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2015 seconds (0.1#10.140)