3 Ruas Tol Trans Sumatera Bakal Dijual Demi Kurangi Beban Pinjaman

Jum'at, 16 April 2021 - 23:28 WIB
loading...
3 Ruas Tol Trans Sumatera Bakal Dijual Demi Kurangi Beban Pinjaman
PT Hutama Karya (Persero) bakal melakukan divestasi pada beberapa ruas tolnya. Divestasi yang dilakukan untuk menutupi beban utang dari perusahaan BUMN Karya ini. Foto/Dok
A A A
JAKARTA - PT Hutama Karya (Persero) bakal melakukan divestasi pada beberapa ruas tolnya. Divestasi yang dilakukan untuk menutupi beban utang dari perusahaan BUMN Karya ini.



Direktur Utama Hutama Karya (Persero) Budi Harto mengatakan, ada tiga ruas jalan tol yang akan ditawarkan kepada investor lewat program divestasi. Ruas jalan tol yang dimaksud seperti Medan-Binjai, Bakauheni-Palembang, dan Pekanbaru-Dumai yang merupakan jaringan Jalan Tol Trans Sumatera (JTTS).

“Hasil dari penjualan divestasi dari ruas-ruas tersebut akan kami gunakan untuk menurunkan pinjaman," ujarnya dalam acara Webinar Mengukur Infrastruktur, Jumat (16/4/2021).

Selain melakukan divestasi, perseroan juga rencananya akan menerbitkan global bond. Namun untuk strategi ini, pihaknya masih menunggu kondisi pasar yang berkembang pada tahun inin dan tahun depan.

Di sisi lain lanjut Budi, pihaknya jug sedang mempersiapkan diri untuk melepas tiga anak usahanya di bursa saham atau Initial Public Offering (IPO). Ketiga anak usaha tersebut yakni PT HK Infrastruktur, PT Hakaaston dan PT HK Realtindo.

Budi menambahkan, HKI direncanakan akan IPO pada semester II tahun 2021. Saat ini pihaknya sedang melakukan persiapan-persiapan agar target tersebut bisa terealisasi.

Dari IPO tersebut lanjut Budi, pihaknya menargetkan bisa meraup dana segar sebesar Rp2 triliun. Dana tersebut akan digunakan untuk mengembangkan bisnis perseroan.

HKI sendiri ini saat ini tengah mengerjakan sejumlah proyek yakni jalan tol. Seperti misalnya, Tol Indralaya-Prabumulih, Tol Pekanbaru-Bangkinang, Tol Binjai-Pangkalan Brandan, Tol Taba Penanjung–Bengkulu, dan Tol Padang-Sicincin.

Sementara itu ada sejumlah proyek yang sudah selesai meliputi jalan Tol Pekanbaru-Dumai, Tol Medan-Binjai Seksi 1, Tol Palembang-Indralaya, Tol Medan-Binjai Seksi 2 (Helvetia – Sei Semayang) dan Seksi 3 (Sei Semayang – Binjai), dan Tol Cinere-Jagorawi (Cijago).
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 1.6092 seconds (0.1#10.140)