Perum Bulog Andil Topang Sulsel Jadi Penyangga Pangan Nasional

Senin, 19 April 2021 - 12:26 WIB
loading...
A A A


“Posisi Sulsel sebagai penyangga nasional memberi dampak terhadap program penyerapan Bulog Sulsel , karena kita bisa membantu buruh-buruh mereka. Artinya perekonomian hidup berputar terus. Mereka bisa membayar para buruh itu terkait dengan kegiatan pengadaan itu. Artinya berputar perekonomian disatu tempat di daerah-daerah pengadaan,” ungkapnya.

Eko Pranoto mengaku optimistis dapat menyerap seluruh beras petani.

“Untuk beras saya yakin optimis target saya akan tercapai karena target saya tahun ini 303.000 ton dan posisi sekarang sudah mencapai 125.000 ton artinya untuk target sampai dengan satu tahun ini, tapi untuk bulan April kita sudah 125%. Sehari pemasukan 4.000-5.000 ton lagi puncak panen April ini,” optimisnya.

Saat ini kata dia, sedang panen Kabupaten Maros, Barru, Sidrap, Pinrang, Wajo, dan Bone. Semuanya merata di bulan April. Puncaknya diperkirakan minggu kedua sampai akhir April.

“Nanti terakhir di sana di Palopo. Sepanjang tahun, nanti nyambung dia makanya gak pernah ada harga jatuh di Sulsel. Saya juga gak pernah dengar harga jatuh tahun lalu juga. Inikan musim rende, nanti terakhirnya Palopo, bulan Oktober nanti panen juga Sidrap, Polman nanti terakhirnya di Palopo lagi. Makanya saya bilang panen sepanjang tahun di sini. Pengalaman saya di Sulsel ini beda dengan daerah lain, beda di Jawa rende sudah dua kali makanya harganya agak anjlok di Jawa,” ujarnya.



Di sisi lain, Eko Pranoto menyatakan, jika posisi Bulog dominan menyerap beras petani, meski demikian juga ada pangan pokok lainnya diserap tapi tidak terlalu besar seperti beras. Seperti pangan gula, yang memang tidak hanya Bulog , ada juga kompetitor.

“Posisi kami hanya menyampaikan harga dengan operasi pasar. Dan tahun ini juga kami sudah bekerja sama dengan dinas kota untuk melakukan pasar murah menjelang Ramadan. Seperti, kami telah melakukan pasar murah di 15 titik kelurahan yang kita datangi untuk melakukan Pasar Murah dan responsnya sangat baik di masyarakat,” terangnya.

Kontak Tani Nelayan Mitra Bulog
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1849 seconds (0.1#10.140)