Bertemu LIPI, BPJPH Sodorkan Lima Area  Penguatan Produk Halal UMK

Rabu, 28 April 2021 - 03:55 WIB
loading...
A A A
Sementara itu, Kepala Pusat Kerja Sama dan Standardisasi Halal Sri Ilham Lubis, menambahkan penguatan produk dapat dilakukan secara lebih spesifik pada pembinaan dalam pemanfaatan teknologi untuk produk UMK berorientasi ekspor. Hal itu penting mengingat peluang ekspor produk halal Indonesia masih sangat terbuka lebar.

“Salah satu contohnya adalah pemenuhan kebutuhan konsumsi jamaah haji dan umroh yang ada setiap tahun, juga untuk ekspor ke berbagai negara lainnya,” jelas Sri Ilham.

Mantan Direktur Pelayanan Haji Luar Negeri itu juga mengatakan bahwa kerja sama dengan LIPIdapat diperluas dalam bentuk optimalisasi pemanfaatan laboratorium. Baik laboratorium LIPI maupun laboratorium halalBPJPHuntuk berbagai kepentingan.

“Laboratorium halal juga kita perlukan untuk mendukung pengembangan Kawasan Industri Halal (KIH) di mana di dalamnya terdapat layanan one-stop-service yang bertujuan agar pencatatan produk-produk halal untuk barang buatan dalam negeri dapat dilakukan dengan lebih cepat,” imbuhnya.

Pertemuan yang berlangsung secara virtual itu menghasilkan sejumlah kesepakatan. Di antaranya, penyiapan nota kesepahaman atau MoU sekaligus Perjanjian Kerja Sama (PKS) yang berisi klausul kesepakatan secara lebih teknis antara LIPI dan BPJPH.

Kepala Pusat Pemanfaatan dan Inovasi Iptek (PPII)LIPI Yan Rianto mengatakan pihaknya merasa gembira mendapat sambutan yang hangat dari BPJPH. Menurutnya, PPII siapsinergi dengan BPJPH dalam penguatan sektor produk halal UMK.

“Kami memang mempunyai tugas pembinaan UMKM dan mengoperasikan seluruh laboratorium riset yang ada di LIPI untuk dedikasi itu. Tentu ini bisa dikonversikan dalam bentuk layanan yang membantu UMKM melaksanakan sertifikasi halal di BPJPH,” ungkapnya.
(dar)
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2441 seconds (0.1#10.140)