CEO PT Vale Febriany Eddy, Perempuan Pertama Memimpin di Sektor Tambang

Kamis, 29 April 2021 - 14:27 WIB
loading...
A A A
Strategi dalam bekerja seperti apa, apalagi yang didirect adalah dominasi laki-laki?

Saya memegang teguh prinsip respect is earned, not given. Orang lain akan menaruh hormat kepada kita jika kita juga menghargai mereka, mau mendengar, punya empati, siap menerima kritik membangun, dan, yang paling penting, menunjukkan kompetensi. Vale menanamkan budaya open and transparent dialogue.

Di situlah leaders memosisikan diri setara dengan karyawan lain. Ketika kita saling terbuka dan menghargai satu sama lain, komunikasi menjadi lancar dan efektif. Leaders bisa memberi arahan dengan lancar, sekaligus menerima masukan dari anggota tim. Leaders dihargai karena kompetensi dan kepeduliannya. Di sini, saya tidak melihat ada perbedaan antara laki-laki dan perempuan. Siapapun harus mengembangkan sikap dan perilaku saling menghargai.

Di masa pandemi, tentu bukan perkara mudah untuk menjalankan perusahaan. Strategi apa yang dilakukan agar menjaga operasional tetap berjalan dengan maksimal?

Pandemi COVID-19 membawa dampak besar bagi seluruh kalangan, terutama dunia usaha. Vale memiliki nilai utama life matters most, kehidupan adalah hal terpenting. Di sinilah komitmen kami untuk selalu mengutamakan kesehatan dan keselamatan diuji. PT Vale dituntut untuk beradaptasi dengan kebiasaan-kebiasaan baru secara cepat. Pedoman kami dalam upaya pencegahan dan penanganan COVID-19 mencakup screening, testing, tracing, treatment, dan recovery. Kami melakukan screening COVID-19 melalui swab antigen setiap 3 minggu sekali yang diikuti dengan tes PCR bagi mereka yang reaktif dan masih berjalan hingga hari ini, kami juga masih menangguhkan seluruh perjalanan yang sifatnya non-esensial, menerapkan mekanisme bekerja dari rumah bagi fungsi-fungsi yang memungkinkan, memberlakukan daily health checklist kepada siapapun yang hendak memasuki area operasi kami, melakukan pembatasan jarak fisik di lokasi operasi, memberlakukan metode sekolah dari rumah bagi siswa Yayasan Pendidikan Sorowako, menutup fasilitas olahraga dan rekreasi di bawah pengelolaan Perusahaan, dan masih banyak lagi.

Selain itu, strategi lainnya yang diterapkan seperti apa?

Dalam upaya kuratif, PT Vale menyiapkan RS INCO Sorowako sebagai fasilitas perawatan pasien COVID-19 dan 108 ruang isolasi di berbagai lokasi. Saya sangat mengapresiasi kerja sama tim kami sebagai satu kesatuan sehingga PT Vale tetap bisa beroperasi penuh di tengah pandemi dengan mengutamakan aspek kesehatan dan keselamatan. Bahkan ketika gelombang PHK terjadi di berbagai industri, PT Vale justru melakukan beberapa kali rekrutmen tenaga kerja lokal. Hal itu membuktikan bahwa fokus terhadap kesehatan akan membawa dampak yang baik bagi roda perekonomian.

Dari sisi bisnis, target bisnis perseroan yang akan dicapai?

PT Vale punya komitmen yang kuat untuk melaksanakan proyek-proyek pengembangan. Saya harap, dalam waktu yang tidak terlalu lama lagi, kami sudah bisa menyelesaikan seluruh perizinan di Sulteng-Sultra dan mendapatkan mitra dengan visi yang selaras untuk joint venture di Sulawesi Tengah.

Bagaimana ibu mendirect perusahaan dalam menyeimbangkan antara bisnis dan tanggungjawab sosial ke masyarakat utamanya pada daerah terkena dampak?
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1193 seconds (0.1#10.140)