Hapus Gelar Universitas, Sekolah Bisnis Jack Ma Beneran Dibredel?

Selasa, 18 Mei 2021 - 17:01 WIB
loading...
Hapus Gelar Universitas, Sekolah Bisnis Jack Ma Beneran Dibredel?
Jack Ma. FOTO/Getty Image
A A A
BEIJING - Sekolah bisnis yang didirikan pendiri raksasa e-commerce China, Alibaba Group Holding, Jack Ma menghapus gelar universitas akademisinya. Penghapusan gelar itu seiring tekanan bertubi-tubi yang dilakukan Pemerintah China yang sebelumnya dilarang menerima siswa baru.

Dilansir dari South China Morning Post, Selasa (18/5), website resmi Weibo Universitas Hupan berubah nama menjadi Pusat Penelitian Kewirausahaan Hupan. Sementara, akun resminya di WeChat, platform media sosial yang dijalankan oleh Tencent Holdings, diubah dari Universitas Hupan menjadi Hupan pada hari Senin. Nama Hupan diambil dari lokasinya yang di dekat Danau Barat di Ibu Kota Provinsi Zhejiang, Hangzhou, tempat Alibaba bermarkas.

Baca Juga: Lawan Xi Jinping, Wanita Cantik Ini Hilang Misterius Kayak Jack Ma

Sebagai inofrmasi, Universitas Hupan didirikan pada Januari 2015 sebagai lembaga bimbingan belajar pribadi bagi para pemimpin bisnis top China. Sembilan anggota pendirinya termasuk Chairman Lenovo, Liu Chuanzhi, Chairman Fuson Guo Guanchang dan Shi Yuzhu dari Giant Interactive.

Saat ulang tahun kelima sekolah pada Oktober 2020, Ma mengatakan telah menerima 11.788 lamaran selama lima tahun tetapi hanya menerima 254 orang - rasio itu yang membuat Universitas Hupan lebih sulit untuk dimasuki daripada sekolah bisnis di institusi elit Amerika seperti Harvard dan Stanford. Namun, Universitas Hupan menimbulkan kontroversi karena dianggap lebih sebagai klub sosial dengan pendiri yang kharismatik, Jack Ma.

Baca Juga: China Tambah Galak! Sekolah Bisnis Jack Ma Dilarang Terima Siswa Baru

Ma sempat berharap bisa melatih hingga 3.000 pengusaha di China dalam 30 tahun ke depan. Ma, yang dikenal dengan pernyataannya yang kurang ajar, juga mengatakan sekolah itu akan berlangsung selama 300 tahun.
(nng)
Komentar
Copyright © 2022 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.1538 seconds (10.101#12.26)