Wajib Hukumnya, Pelaku UMKM Menyesuaikan Diri di Era Transformasi Digital

Senin, 24 Mei 2021 - 19:54 WIB
loading...
A A A
Namun, untuk bisa bergabung ke Sarinah, produk UMKM yang didaftarkan harus melalui proses kurasi. Kurasi dilakukan untuk memastikan bahwa produk yang tersedia di gedung Sarinah memang kompetitif. Tahapan kurasi pada produk UMKM mulai dari (basic) produk, seleksi, hingga tahap signature atau penandatanganan.

“Jadi ada 8 komponen nilai kurasi. Pertama nurturing quality, kemudian indonesian spirit, indonesian owner, indonesian sourching, indonesian process, indonesian name, craftmanship, dan cool factor. Penilaian kurasi dilakukan oleh tim internal Sarinah bersama tim eksternal yang diundang untuk ikut menilai,” ujar Fetty.

Sejalan dengan spirit dari UU Cipta Kerja, PBA yang juga menaungi Komunitas UMKM Alumni turut serta dalam penguatan dan pengembangan UMKM Naik Kelas dengan berbagai program kolaborasi dengan sektor Pemerintah, melalui Kementerian Koperasi dan UKM dan Bina Produktivitas Kementerian Ketenagakerjaan serta sektor swasta, termasuk dengan PT Sarinah.

Hal ini disampaikan saat Perkumpulan Bumi Alumni (PBA) dan Koperasi UMKM Alumni Indonesia (KUALI) mengadakan Halalbihalal virtual Idulfitri 1442 Hijriah dengan tema ‘Idulfitri Mengembalikan Fitrah Kebersamaan, Membersihkan Egoisme Diri’ pada Minggu 23 Mei 2021 malam.

Kegiatan ini mengundang seluruh anggota PBA, anggota Koperasi UMKM Alumni Indonesia (Kuali), dan anggota UMKM Alumni Unpad.

Hadir dalam kegiatan ini Ketua Umum PBA Ary Zulfikar, Pembina PBA James Ibrahim, dan Ketua Koperasi UMKM Alumni, Yayan Abdul Wahid. Kegiatan ini juga mengundang Staf ahli Kemenkop UMKM Bidang Ekonomi Makro Rulli Nuryanto dan Direktur Utama PT Sarinah Fetty Kwartati.

Keduanya diminta menjadi pembicara untuk menjelaskan tantangan dan peluang bagi pelaku UMKM. Selain itu, Ustaz Budi Prayitno juga diundang untuk menyampaikan tausiah.

Dalam sambutanya, Ary Zulfikar selaku Ketua Umum PBA, mengucapkan selamat Hari Raya Idulfitri 1442 Hijriah untuk seluruh anggota PBA serta peserta yang menghadiri kegiatan halalbihalal virtual ini.
(akr)
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1103 seconds (0.1#10.140)