Klub Sepak Bola Nasional Bisa Beli Pemain Mahal, Jika?

Sabtu, 29 Mei 2021 - 23:47 WIB
loading...
Klub Sepak Bola Nasional Bisa Beli Pemain Mahal, Jika?
Marko Simic, salah satu pesepak bola asing termahal di Indonesia. Foto/SINDOnews
A A A
JAKARTA - Guna memajukan industri sepak bola nasional, beragam cari dilakukan oleh Kementerian Pemuda dan Olahraga Republik Indonesia . Salah satunya mendorong klub sepak bola masuk bursa saham dengan melakukan penawaran umum perdana (IPO).

Memang banyak keuntungan bisa didapat jika sebuah klub masuk ke pasar modal. Apa saja itu?

Baca juga:Erick Thohir Sebut 5G Telkomsel Bakal Menjadi Game Ghanger Transformasi Digital

Pengamat pasar saham MNC Asset Management, Edwin Sebayang, menilai dengan melakukan IPO klub sepak bola bisa mendapatkan sejumlah dana segar. Dana itu bisa digunakan untuk meningkatkan performa klub.

"Jika bisa IPO, mereka akan bisa dapat dana, merekrut pemain ternama. Pemain mau kontrak itu karena gaji kan, nah mereka (klub) bisa dapat dana murah dari IPO tersebut," katanya kepada MNC Portal Indonesia, Sabtu (29/5/2021).

Selain itu, klub sepak bola juga bisa menggunakan dana IPO untuk memperbaiki stadion. Perbaikan stadion ini penting untuk menampung para suporter yang ingin menonton secara langsung.

"Nah itu salah satu keuntungan bagi klub yang listing di bursa," jelasnya.

Baca juga:Media Korsel: Kim Jong-un Perintahkan Pemusnahan Kucing karena Bawa COVID-19 dari China

Tak hanya itu, lanjut Edwin, jika sudah IPO para klub sepak bola akan dinilai bahwa secara keuangan sudah kredibel. Alhasil, bisa menjaring investor yang lebih besar.

"Secara keuangan mereka lebih kuat dan kredibel, untuk menjaring investor yang lebih besar. Tentu saja dengan catatan adanya perbaikan stadion, penjualan merchandise, dan pengolahan keuangan yang kredibel. Itu bisa menjadi value bagi klub tersebut," tandasnya.
(uka)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1285 seconds (0.1#10.140)