Harga Kedelai Dunia Mahal, di Tingkat Pengrajin Tahu-Tempe Dijamin Wajar

Jum'at, 04 Juni 2021 - 15:34 WIB
loading...
Harga Kedelai Dunia Mahal, di Tingkat Pengrajin Tahu-Tempe Dijamin Wajar
Penyesuaian harga tahu dan tempe diharapkan mampu menjaga semangat pengrajin untuk terus berproduksi di tengah tingginya harga kedelai dunia. Foto/Dok
A A A
JAKARTA - Kementerian Perdagangan (Kemendag) akan bekerja sama dengan pemangku kepentingan untuk memastikan stok kedelai aman, meski dengan harga yang disesuaikan. Penyesuaian harga tahu dan tempe diharapkan mampu menjaga semangat pengrajin untuk terus berproduksi di tengah tingginya harga kedelai dunia.

“Kemendag konsisten memantau dan mengevaluasi pergerakan harga kedelai dunia, baik ketika terjadi penurunan ataupun kenaikan harga. Tujuannya, untuk memastikan harga kedelai di pasar serta di tingkat pengrajin tahu dan tempe berada di tingkat yang wajar,” ungkap Direktur Jenderal Perdagangan Dalam Negeri, Oke Nurwan di Jakarta, Jumat (4/6/2021).



Perihal tersebut, akan ada penyesuaian harga kedelai impor di tingkat pengrajin tahu dan tempe. Hal itu disebabkan karena komoditas kedelai asal Amerika Serikat masih belum memasuki masa panen sehingga berdampak pada tingginya harga kedelai dunia sampai dengan saat ini.

“Para importir yang memiliki stok kedelai saya harap bisa terus memasok kedelai secara rutin kepada pengrajin tahu dan tempe. Termasuk kepada anggota Gabungan Koperasi Tahu Tempe Indonesia (Gakoptindo), baik di Puskopti provinsi maupun Kopti Kabupaten/Kota seluruh Indonesia dengan harga kedelai terjangkau,” imbuhnya.

Merujuk pada sumber Chicago Board of Trade (CBOT), harga kedelai dunia masih relatif tinggi. Pada awal Juni 2021 harga kedelai berada di kisaran USD 15,42/bushels atau sekitar USD 566/ton.



Dengan kondisi tersebut maka landed price berada di kisaran Rp9.376/kg, sementara di tingkat importir berada di kisaran Rp10.206/kg. Bahkan, menurut para pengrajin tahu dan tempe di beberapa wilayah, harga kedelai telah mencapai Rp11.000/kg.

Oke memperkirakan, dengan kondisi harga kedelai saat ini maka harga tempe akan mengalami penyesuaian menembus harga Rp17.000/kg dari sebelumnya Rp16.000/kg. Sedangkan harga tahu juga menembus harga Rp700/potong dari sebelumnya Rp650/potong.
(akr)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1871 seconds (0.1#10.140)