Gelombang Pertama Covid-19 di Indonesia Capai Puncak Akhir Juni?

Kamis, 10 Juni 2021 - 13:27 WIB
loading...
Gelombang Pertama Covid-19 di Indonesia Capai Puncak Akhir Juni?
Foto/Ilustrasi
A A A
JAKARTA - Indonesia diperkirakan akan memasuki puncak gelombang pertama pandemi Covid-19 di akhir bulan Juni ini. Hal ini disebabkan karena akumulasi kasus lama yang tidak terkendali.

Epidemiolog Griffith University Australia, Dicky Budiman mengatakan indikator satu negara mengalami masa puncak dapat dilihat dari pertumbuhan jumlah kasus yang semakin meningkat.



“Masa puncak tentu akurasinya akan ketahuan biasanya setelah dilalui seminggu setelah misalnya masa puncak itu terjadi. Tapi prediksinya itu bisa dilihat dari tingkat kematangan kasus Covid-19,” kata dia dalam acara Market Review IDX Channel, Kamis (10/6/2021).

Dia menjelaskan, berbagai prediksi seperti prediksi kasus harian, angka kematian, dan angka reproduksi akan memberikan satu infomasi di awal untuk mitigasi utama. Hal ini dilakukan untuk mencegah agar adanya ledakan ini tidak sampai memberikan beban besar di layanan kesehatan.

“Yang namanya prediksi manusia tidak ada yang sempurna, tapi setidaknya adanya estimasi ini akan memberikan satu informasi awal untuk mitigasi utama. Untuk mencegah adanya ledakan ini tidak sampai menimbulkan beban besar di layanan kesehatan, termasuk tidak menimbulkan banyak kematian,” paparnya.



Lanjut Dicky, pentingnya ada berbagai prediksi ini adalah untuk melakukan mitigasi risiko. Termasuk melakukan upaya pencegahan di komunitas. “Sejauh ini dalam fenomena pandemi Covid-19 angka kesakitan terbesar ada di rumah-rumah. Dan itulah mengapa klaster rumah tangga menjadi klaster yang paling dominan, termasuk di Indonesia saat ini. Prediksinya bisa 89% setidaknya klaster ini ada di masyarakat,” tutupnya.
(ind)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2967 seconds (0.1#10.140)