Industri Aksesoris Smartphone Terdongkrak Pertumbuhan Industri Seluler

loading...
Industri Aksesoris Smartphone Terdongkrak Pertumbuhan Industri Seluler
Pertumbuhan positif industri seluler membuat industri pendukungnya seperti industri aksesoris telepon seluler ikut bertumbuh. Foto/Dok.
JAKARTA - Perkembangnya industri dan layanan telekomunikasi turut mendorong tumbuhnya industri penunjang. Salah satunya industri aksesoris telepon seluler . Allied Market Research (AMR) lembaga riset Amerika Serikat (AS) menyebutkan, nilai penjualan aksesori telepon pintar global menembus USD224,69 miliar pada 2018. Sedangkan pada periode 2019-2026 pertumbuhan industri ini diproyeksikan mencapai 3,1% menjadi USD284,06 miliar.

(Baca Juga : Juragan Telkomsel: Ada Berkah Pandemi buat Industri Telekomunikasi )

Aksesoris telepon seluler (ponsel) seperti baterai, head phone, charger, kartu memori, casing pelindung, penyimpan daya, pelindung layar, dan aksesoris lainnya memiliki peran penting untuk mendukung aktivitas sehari-hari. Konektivitas yang efektif telepon pintar ke dunia digital mendorong pasar aksesoris ponsel terus meningkat.

’’Aksesoris telepon pintar saat ini hampir menjadi kebutuhan penting selain telepon pintar itu sendiri. Meningkatnya penjualan telepon pintar akan mendorong industri aksesoris ikut bertumbuh,’’ujar Chief Operating Officer (COO) Bima Accessories, Yitlin Wijaya dalam keterangannya di Jakarta Jumat (11/6/2021). Dengan tingginya peredaran telepon pintar, jumlah permintaan untuk aksesori juga meningkat. ‘’Pelindung layar, kabel data, charger, power bank, hingga case cover adalah sebagian aksesoris yang banyak dicari masyarakat,’’ungkapnya.



(Baca Juga : Heboh Digital Banking & Undi Tabungan Dahsyat, Saham BABP Meroket 34% Tembus ARA! )

Sejak masuk ke dalam industri aksesoris telepon pintar pada 2002 silam, kata Yutlin, Bima Accessories lebih fokus kepada kualitas produk. Saat ini, Bima Accessories memiliki lima jaringan offline berupa outlet di beberapa daerah di Indonesia. “Selain toko offline, kami juga sudah memulai bisnis toko online sejak 2018 lalu,” ujarnya.

Menurut Yetlin, teknologi pelindung layar tempered glass dan hydrogel yang mengusung teknologi baru saat ini menjadi salah satu produk unggulan di pasar Indonesia. Karenanya, kata dia, Bima Accessories menyiapkan mesin di tiap cabang sehingga bisa langsung mencetak pelindung layar dengan bahan Gel Hydro untuk semua smartphone dan smartwatch.

(Baca Juga : Sopir di Tanjung Priok Curhat Sering Dipalak Preman, Jokowi Langsung Telepon Kapolri )

Sejak awal 2021, Bima Accessories dipercaya menjadi distributor tunggal untuk produk-produk brand Sikenai di Indonesia. Setelah sebelumnya menjadi distributor produk aksesoris Vivan dan Robot. “Ekspansi pasar juga kami lakukan di market place seperti Shopee, Tokopedia, Lazada, Blibli, JD.id dan Bukalapak,’’tuturnya.
(dar)
preload video
TULIS KOMENTAR ANDA!
Top