Gula Rafinasi Langka Bikin Industri Jatim Panik, Petani Tebu Minta Semua Tenang

Rabu, 16 Juni 2021 - 00:18 WIB
loading...
Gula Rafinasi Langka Bikin Industri Jatim Panik, Petani Tebu Minta Semua Tenang
Asosiasi Petani Tebu Republik Indonesia (APTRI) minta untuk lebih tenang dalam menyikapi gencarnya penolakan Permenperin dengan isu langkanya gula rafinasi yang membuat industri panik. Foto/Dok Okezone
A A A
JAKARTA - Ketua Dewan Pimpinan Daerah Asosiasi Petani Tebu Republik Indonesia (APTRI) PTPN XI Jawa Timur, Sunardi Edy Sukamto menyayangkan sejumlah anggota DPRD yang menolak Peraturan Menteri Perindustrian (Permenperin) Nomor 3 Tahun 2021. Sebab menurut dia, penolakan itu tidak didasari pada fakta di lapangan yang sesungguhnya.

"Kita bicarakan fakta di lapangan dan kami sangat menyayangkan DPRD Jatim sikapnya justru larut dalam kepentingan pengusaha yang menyalahi izinnya. Mestinya sebagai wakil rakyat melihat persoalan itu secara komprehensif atau menyeluruh dan bicaranya kepentingan rakyat bukan terkesan sebaliknya," ujar Edy, Selasa (15/6/2021).



Dia menuturkan, Jawa Timur adalah lumbung gula nasional dengan luas areal tanam tebu 210.000 Hektare, menghasilkan gula rata-rata per tahun 1-1,2 juta ton gula, setara 51% produksi gula konsumsi nasional. Untuk kebutuhan gula konsumsi Jawa Timur 450.000 ton per tahun terjadi surplus sebesar 550.000-650.000 ton per tahun.

Namun, dia menilai berdirinya dua pabrik gula baru di Jawa Timur izinnya gula kristal putih (GKP) berbasis tebu (wajib memiliki tanaman tebu sendiri), namun selama hampir lima tahun terakhir tidak menepati janji untuk menyiapkan kebun dan tanamannya sendiri.

"Justru keberadaannya hanya memindah giling tebu yang sudah ada dan bermitra dengan Pabrik Gula sebelumnya, bahkan hanya mengharapkan Comissioning import raw sugar," kata Edy.

Padahal, dia mengatakan, pemerintah Provinsi Jawa Timur berharap adanya pabrik baru bisa berswasembada gula. Akan tetapi, faktanya tidak menambah jumlah luas tanam dan hablur gula, justru mematikan pabrik gula yang sudah ada.

APTRI mengharapkan agar seluruh lapisan masyarakat, DPRD serta Pemerintah Provinsi Jawa Timur untuk lebih tenang dalam menyikapi gencarnya penolakan Permenperin itu dengan isu langkanya gula rafinasi yang membuat industri berbasis gula rafinasi panik dan kesulitan mendapatkan gula rafinasi, serta tidak larut dalam kepentingan pengusaha yang menyalahi izin.

"Kami sampaikan bahwa penjelasan kami di atas, Jawa Timur surplus dan tidak ada pabrik gula rafinasi. Karena Jawa Timur lumbung gula nasional," imbuhnya.

Menurut dia, dengan spesifikasi dan pembatasan izin impor raw sugar untuk pabrik rafinasi, maka akan lebih mempermudah kontrol dan pengawasan terhadap peredaran gula sesuai jenis dan peruntukannya. Teknisnya, kebutuhan gula rafinasi di Jawa Timur bisa disuplai oleh pabrik gula rafinasi yang telah ditunjuk oleh pemerintah dari 11 pabrik gula rafinasi yang mendapatkan izin impor dan beroperasi.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 1.8985 seconds (0.1#10.140)