Sinergi dan Kolaborasi Jamkrindo Dorong UMKM Naik Kelas di Masa Pandemi

Minggu, 20 Juni 2021 - 23:30 WIB
loading...
A A A
Sedangkan bagi Daryono, pendampingan yang diberikan oleh Jamkrindo sebelum pandemi memberikan bekal bagi dirinya untuk terus menjalankan usahanya, meskipun dikejutkan oleh hadirnya pandemi yang tak terduga. ‘’Sekarang saya menerima order dari pihak lain. Misalnya ada yang punya merek tetapi tidak ada fasilitas produksi. Mereka memesan tas-nya di tempat saya,’’ungkapnya.

Menurut Daryono, sejak bergabung menjadi mitra binaan Jamkrindo dan mendapatkan bantuan pendanaan Rp40 juta, dirinya memutuskan untuk membeli peralatan lebih canggih. Hasilnya, saat ada kegiatan pameran yang didukung Jamkrindo, dirinya mendapatkan banyak pesanan. ‘’Sejak bergabung dengan Jamkrindo, produk saya jadi lebih dikenal,’’ungkapnya. Saat ini, Daryono melibatkan para perajin tas asal Kendal apabila sedang menerima banyak orderan dari pelanggan. Berbekal pelatihan yang diikutinya bersama Jamkrindo, Daryono pun megaku selalu memantau secara detail pekerjaan yang dilakukan oleh para pekerjanya.

‘’Kualitas tetap kami jaga sehingga terus kami pantau,’’cetusnya. Baik Heriyanto maupun Daryono kini sedang menggenjot pemasaran melalui channel digital seperti media sosial higga e-commerce untuk memperluas keterjangkauan pasar ke ekosistem yang lebih besar.

Meningkatkan Penguasaan Platform Digital

Pada masa pandemi Covid-19, perlu adanya penguatan literasi digital bagi para UMKM agar bisa tetap adaptif dalam berwirausaha dengan memanfaatkan teknologi digital secara maksimal. Terutama untuk perluasan pemasaran produk.
Menurut pakar marketing dan branding Yuswohady, di masa pandemi saat ini, untuk memperluas pasar satu-satunya cara yakni dengan menguasai platform digital. ‘’Karena untuk melakukan pameran masih terkendala adanya pembatasan sosial masyarakat,’’ungkap Managing Partner Inventure itu kepada SINDOnews beberapa waktu lalu.

Literasi digital yang baik oleh para pelaku UMKM tidak hanya akan memberikan dampak positif bagi pelaku usaha itu sendiri, namun juga dapat memberikan dampak positif bagi negara. Digital Business Coach and Mentor MicroMentor Indonesia Warhol Interactive Agency, Husin Wijaya mengatakan, melalui literasi digital yang baik, pelaku UMKM menjadi lebih mudah menjangkau pasar sesuai targetnya dengan social selling 4C (konten, pelanggan, hubungan, komunitas). "Konten yang menarik lewat sosial media dapat membuat seseorang melihat produk yang sedang dipasarkan. Dimana konten berisi tujuan kita yaitu memasarkan produk," ungkap Husin.

(Baca Juga : Pakai QRIS untuk Pembayaran Digital, Banyak Untungnya Bagi UMKM )

Kepala Divisi Manajemen Risiko dan Pemeringkatan UMKM, Konsultasi Manajemen (PUKM) Jamkrindo Ceriandri Widuri, menegaskan, pembinaan kepada UMKM terus dilakukan Jamkrindo agar UMKM naik kelas diantaranya melalui pemanfaatan digitalisasi, memperluas marketing dengan E Commerce, serta menjaga kualitas produk.

‘’UMKM juga bisa memperluas network atau jaringan dengan UMKM lainnya.Banyak program yang bisa dimanfaatkan oleh UMKM. Kami memiliki program mitra binaan untuk UMKM,’’tegasnya. Dia mengungkapkan, selain melakukan penjaminan kredit UMKM, Jamkrindo jga melakukan pembinaan UMKM agar naik kelas.

Sebelumnya, Direktur Utama Jamkrindo Putrama Wahju Setyawan mengatakan Jamkrindo sebagai perusahaan penjaminan terbesar, terlibat aktif dalam upaya mendorong agar UMKM bisa naik kelas. Dia menilai, penguatan UMKM ke depan dapat dilakukan dengan penguatan infrastruktur digital dan akses terhadap permodalan yang mudah dan tepat sasaran. “Kami menyiapkan berbagai infrastruktur dan akses pendukung demi memberikan kemudahan pengajuan penjaminan. Tak lupa juga untuk mengakomodir kebutuhan UMKM dalam hal pemberdayaan sehingga kedepannya dapat menjadi UMKM Naik Kelas,” kata Putrama dikutip dari keterangan resmi perusahaan.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1984 seconds (0.1#10.140)