Isoman di Rumah, Pasien Covid Bakal Dikirim Obat Gratis via Aplikasi

Senin, 05 Juli 2021 - 11:59 WIB
loading...
Isoman di Rumah, Pasien Covid Bakal Dikirim Obat Gratis via Aplikasi
Ilustrasi. FOTO/SINDOnews
A A A
JAKARTA - Pemerintah akan bekerjasama dengan pengelola aplikasi telemedicine agar pasien isolasi mandiri di rumah bisa lebih mudah mendapatkan fasilitas kesehatan dari pemerintah. Nantinya, pasien akan mendapatkan konsultasi medis plus paket obat hingga vitamin secara gratis dari pemerintah melalui platform digital.

Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan mengatakan untuk mendapatkan fasilitas telemedicine gratis masyarakat harus melakukan tes swab di laboratorium yang terafiliasi dengan Kementerian Kesehatan.

"Masyarakat diimbau untuk melakukan swab hanya di lab yang terafiliasi Kemenkes untuk memastikan bantuan pemerintah bisa diakses dan dimanfaatkan. Jangan di luar," ujar Luhut dalam video virtual, Senin (5/7/2021).



Menurut dia layanan tersebut dapat diberikan melalui pesan singkat whatsApp. Pasien yang melakukan isolasi mandiri akan mendapatkan kode layanan untuk telemedicine plus pemberian paket obat-obatan yang disesuaikan dengan kondisi pasien.

"Pasien akan mendapatkan secara langsung kode layanan untuk konsultasi dokter dari salah satu platform telemedicine dan mendapatkan paket obat apabila mengalami gejala ringan atau vitamin apabila tak ada gejala apapun," jelasnya.



Nantinya, layanan ini akan diuji coba di Jakarta mulai besok, Selasa 6 Juli 2021. Setidaknya ada 11 platform telemedicine yang bekerja sama dengan pemerintah, mulai dari Alodokter, Getwell ,Good Doctor, Halodoc, KlikDokter, KlinikGo, dan lain-lain.
(nng)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.3067 seconds (0.1#10.140)