Vaksin GX-19N Engga Gratis, Kalbe Farma: Tidak Lebih Mahal Dari yang Sudah Ada

Jum'at, 09 Juli 2021 - 17:54 WIB
loading...
Vaksin GX-19N Engga Gratis, Kalbe Farma: Tidak Lebih Mahal Dari yang Sudah Ada
PT Kalbe Farma Tbk, mencatat vaksin GX-19N untuk Covid-19 yang akan diproduksi tidak diberikan secara gratis. Foto/Dok
A A A
JAKARTA - PT Kalbe Farma Tbk, mencatat vaksin GX-19N untuk Covid-19 yang akan diproduksi tidak diberikan secara gratis. Artinya, untuk memperoleh vaksin besutan emiten farmasi Indonesia tersebut, masyarakat harus merogoh kocek.

Meski demikian, manajemen Kalbe Farma belum menetapkan berapa harga vaksin GX-19N itu. Sebab, saat ini proses uji klini 2b/3 masih akan dilakukan perusahaan.

"Untuk harganya sendiri saat ini kita belum bisa memberikan harga yang pasti karena masih dalam proses pengembangan," ujar Direktur Kalbe Farma, Sie Djohan, Jumat (9/7/2021).



Djohan menegaskan, pihaknya akan berusaha menetapkan harga vaksin GX-19N di bawa harga rata-rata vaksin Covid-19 yang sudah digunakan saat ini. Proses itu akan dikoordinasikan dengan perusahaan bioteknologi Genexine, Korea Selatan.

Vaksin GX-19N sendiri merupakan hasil kerja sama Kalbe dengan Genexine. Saat ini, Kalbe telah mengantongi izin uji klinik dari Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM).

"Kita akan berusaha semaksimal mungkin bekerja sama dengan Genexine, kita ingin pastikan harga yang kita tawarkan nanti tentunya tidak lebih mahal dari vaksin-vaksin yang saat ini sudah dipakai," kata dia.



Kementerian Kesehatan (Kemenkes) mencatat, deoxyribonucleic acid (DNA) vaksin GX-19N memiliki potensi yang sangat baik untuk memberikan proteksi terhadap berbagai varian Covid-19. Bahkan, kemungkinan proteksi dalam jangka waktu yang lebih lama.

"Keamanan untuk vaksin GX-19N dilihat juga sangat baik karena tidak menggunakan viral vector dan adjuvant,“ ujar Plt. Direktur Jenderal Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Kemenkes, Maxi Rein Rondonuwu.

Kementerian Kesehatan pun berharap semua tahapan pengembangan vaksin dapat diikuti dengan baik, sehingga vaksin dapat digunakan dengan aman.
(akr)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1823 seconds (0.1#10.140)