Pandemi Bikin Penjualan Air Purifier Naik, Ini 5 Rekomendasinya

Jum'at, 16 Juli 2021 - 07:50 WIB
loading...
Pandemi Bikin Penjualan Air Purifier Naik, Ini 5 Rekomendasinya
Foto/ilustrasi/ecois.co.uk
A A A
JAKARTA - Sejak pandemi Covid-19 menyerang, perlengkapan rumah tangga yang berkaitan dengan kesehatan kian diminati masyarakat. Salah satu perlengkapan itu adalah air purifier atau alat penjernih udara ruangan.

Fungsinya yang membersihkan udara dari berbagai kuman penyakit bahkan termasuk virus sekalipun membuat permintaan terhadap air purifier terus meningkat. Air purifier seperti sudah menjadi sebuah kebutuhan akan kualitas udara yang baik.

"Memang masyarakat sudah banyak yang divaksinasi sejak awal 2021, namun permintaan penjernih udara masih akan tumbuh dua sampai tiga kali lipat tahun ini," kata Presiden Direktur PT Sharp Electronics Indonesia (SEID) Shinji Teraoka, kepada Antara belum lama ini.

Tak cuma Sharp yang penjualannya meningkat. Produk-produk lainnya demikian, bahkan penjualan Panasonic tahun lalu melesat 200%. Makanya, semua produsen seolah-olah membanjiri pasar dengan produk air purifier-nya, baik secara luring maupun daring.

Air purifier begitu dicari karena bekerja dengan cara menyaring udara, lalu mengeluarkan udara baru yang telah difilter sehingga udara menjadi jernih dan terbebas dari polusi ataupun bau. Ada juga fitur penting di saat penyebaran virus Covid 19 sedang merebak, yaitu HEPA Filter, filter yang dapat mengisap partikel yang sangat kecil dengan ukuran PM 2.5.

Selain itu terdapat air purifier yang berfungsi sebagai Humidifier, yang dapat melembapkan udara sehingga ruangan tidak kering, menyaring serbuk sari, dan material lainnya bahkan baik untuk kesehatan kulit dan rambut.

Saat ini ada banyak air purifier yang ada di pasaran dengan menawarkan berbagai kelebihannya. Namun sebagai pembanding, ada lima air purifier yang bisa menjadi pertimbangan.

1. Panasonic F-VXK70A
Teknologi nanoe™ yang dimiliki air purifier Panasonic dapat menghambat pertumbuhan virus hingga 99,99%, termasuk Corona Virus SARS-CoV-2, virus H1N1, H1N51, bakteri, kuman, dan juga bau. Teknologi nanoe™ ini menyebar di udara, permukaan benda, hingga ke serat pakaian yang sedang dikenakan. Nanoe™ juga dapat melembapkan kulit dan memberikan kesehatan pada rambut.

Baca juga:Momen Langka, Erdogan Teleponan dengan Presiden Israel

Merek ini juga memiliki HEPA Filter yang sesuai standard Merv-19 (H14) yang mampu menghisap partikel PM 2.5 hingga 99,97% di seluruh ruangan, dan khususnya udara 30 cm di atas lantai, karena partikel berbahaya ada di sekitar 30 cm dari dasar lantai dan terhirup oleh kita, terutama untuk bayi dan balita.

HEPA Filter dari Panasonic ini juga sangat cocok untuk pengidap ISPA karena udara yang terkontaminasi dengan partikel diserap dan mengeluarkan udara bersih bersamaan dengan nanoe sehingga aman saat kita berada di dalam ruangan. HEPA Filter memiliki daya tahan hingga 10 tahun tanpa perlu diganti. Tipe lain yang juga memiliki HEPA Filter adalah F-PXM55A, F-PXT50A dan F-PXM35A. Terdapat pula fungsi deodorizer filter yang menghilangkan bau tidak sedap yang sangat menyengat, bau hewan peliharaan dan banyak bau rumah tangga lainnya.

Panasonic Air Purifier dapat menyala selama 24 jam nonstop dengan watt yang rendah karena terdapat teknologi ECONAVI yang menjadikannya hemat listrik. Jadi tidak perlu khawatir udara di ruangan dari virus.

2. LG Puricare 360° Air Purifier

LG PuriCare 360° Air Purifier dibekali sistem penyaringan udara Safe Plus Filter dan Ionizer. Safe Plus Filter merupakan proses penyaringan udara berlapis yang dibuat LG, rancangannya memastikan pembersihan udara tak hanya membebaskan ruang dari partikel debu mikro dan allergen seperti pada saringan udara konvensional.

LG turut memberikan deodorization filter yang bekerja menyingkirkan bau-bauan tak sedap dari ruangan. Sebagai pemungkasnya, raksasa teknologi asal Korea Selatan ini merancang sistem penyaringan yang memadukan H13 Grade HEPA Filter dan Ionizer untuk membuatnya efektif memberikan perlindungan dengan mengeliminasi bakteri dan virus.

Pandemi Bikin Penjualan Air Purifier Naik, Ini 5 Rekomendasinya


3. Sharp F-PJ80Y-H
Teknologi Plasmacluster dari Sharp telah efektif dalam mencegah virus dan kuman yang dapat mengotori udara, sehingga mampu menciptakan udara yang lebih bersih dan sehat untuk makhluk hidup.

Baca juga:Aktor Laga Jackie Chan Ungkap Keinginan Gabung dengan Partai Komunis China

Teknologi Plasmacluster menghasilkan ion-ion positif dan negatif yang ada di alam. Setelah menjernihkan udara, ion tersebut akan berubah menjadi air dan kembali ke udara. Penjernih udara dari Sharp mampu mengurangi jamur bebas di udara, meghentikan penyebaran jamur yang menempel, virus menempel maupun virus yang bebas di udara untuk menjaga rumah tetap nyaman dan aman.

Penjernih udara dari Sharp mampu mengurangi bau tak sedap dan menyengat yang menyebabkan ketidaknyamanan di ruangan Anda. Coanda AirFlow yang berguna dalam sirkulasi udara yang lebih cepat dengan sudut 20Âş mampu mengumpulkan debu bahkan pada tingkat yang lebih rendah, sehingga lebih efektif dalam membersihkan ruangan.

Juga ada HEPA Filter yang dapat menjebak partikel mikroskopis (sekecil 0,3 mikron) di udara. Dan juga Deodorizer Filter untuk menyerap bau rokok, bau hewan peliharaan dan banyak bau rumah tangga lainnya.

4. Hitachi EP-A9000
Memiliki HEPA Filter yang dapat menjebak allergen (sekecil 0,3 mikron) di udara. Dan juga Deodorizer Filter untuk menyerap bau rokok, bau hewan peliharaan dan banyak bau rumah tangga lainnya.

Hitachi ini juga memiliki auto self clean, yang dapat membersihkan filter secara mandiri, pada permukaan pre-filter untuk membersihkan debu yang menempel. Juga hemat energi karena ada teknologi Inverter.

5. Xiaomi Mi Air Purifier
Xiaomi juga tak ketinggalan memproduksi sebuah alat penjernih yang mereka klaim sebagai High Performance Smart Air Purifier. Dengan aplikasi yang dapat digunakan untuk menyalakan serta mengetahui kondisi udara di dalam ruangan.

Produk Mi Air Purifier telah dibekali dengan aerodynamic principles yang mana mampu membersihkan polusi serta virus di udara. Selain itu, Mi Air Purifier Max, salah satu jenis air purifier Xiaomi, dilengkapi dengan dual-blower 4-duct, sehingga mampu membuat produk ini memompa udara bersih di setiap sudut ruangan. Mi Air Purifier juga dibekali dengan Triple-filter protection sehingga lebih efektif ketimbang air purifier biasa karena mampu menyaring lebih dari 99% partikel kecil di udara.
(uka)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1756 seconds (0.1#10.140)