Bansos Tunai Rp600 Ribu Tetap Disalurkan Saat Idul Adha

Rabu, 21 Juli 2021 - 15:11 WIB
loading...
A A A
Target BST disalurkan hari ini untuk wilayah DKI Jakarta sekitar 40 ribu KPM. Sementara untuk kelurahan Cempaka Putih Barat yang terdapat 183 RT undangan penerima BST hari ini sebanyak 4763 KPM.

Penyaluran BST disalurkan dengan menyambangi atau mendatangi langsung (door to door) rumah para KPM. Pos Indonesia menggunakan metode penyaluran dengan sistem ini dengan mempertimbangkan kondisi yang sedang terjadi.

“Penyaluran melalui antaran ini ada beberapa kelebihan, salah satunya kita menghindari kerumunan yang dilarang pemerintah selama masa PPKM darurat ini. Pada saat pembayaran ada proses identifikasi penerimanya yang menjadi bukti bahwa penerimanya sudah benar, dan ini menjadi bukti bila ada audit dari eksternal, maka ada tanda tangan penerima dan juga fotonya,” jelas Arifin.



Para juru bayar, lanjut Arifin sudah menerapkan praktik prosedur kesehatan yang ketat, dengan menggunakan masker dua lapis, faceshield, dan handsanitizer.

Nur Rahmawati, seorang ibu rumah tangga yang tinggal di RT 004 / RW 007 yang masuk dalam DTKS penerima BST. Dia merasakan hantaman pandemic ini begitu berat.

Suaminya yang berprofesi sebagai ojek online semakin tidakmenentu pendapatannya karena PPKM. Belum lagi anaknya dirumahkan dari tempatnya bekerja karena badai pandemi membuat tempat usaha di mana anaknya bekerja harus memangkas tenaga kerja. “Saya tetap mensyukuri berapapun BST ini, karena sangat menolong saya untuk bisa bayar kontrakan rumah, dan membeli kebutuhan pokok,” tuturnya.

Senada dengan Nur Rahmawati, Triono warga RT 003/RW 007 juga merasakan dampak pandemi Covid-19 terutama dari sisi ekonomi. Sebagai pengemudi harian di salah satu perusahaan di bilangan Jakarta, Triono pun terpaksa dirumahkan karena kondisi PPKM ini.

“Ekonomi rumah tangga ya jadinya tidak menentu karena pandemi ini. Tapi tetap saya syukuri karena masih diberi kesehatan. Saya berterimakasih pada pemerintah yang memberi bantuan tunai ini, yang diantarkan langsung sama Pos,” kata dia.

Menurut Triono BST sangat membantu keluarganya, soal cukup atau tidaknya, manusia selalu tidak merasa cukup. Tapi bantuan ini sangat disyukurinya. BST yang dierima KPM kali ini merupakan program bantuan dari Kementerian Sosial (Kemensos) yang ditujukan kepada KPM yang terkena dampak covid-19. BST ini adalah pembayaran tahap ke14 dan 15, untuk bulan Mei dan Juni 2021. Para KPM mendapat Rp600 ribu dalam penyaluran BST kali ini.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1308 seconds (0.1#10.140)