Optimalkan Kembali Pabrik, PT PIM Bantu Kebutuhan Oksigen di Provinsi Aceh

Minggu, 08 Agustus 2021 - 22:04 WIB
loading...
Optimalkan Kembali Pabrik, PT PIM Bantu Kebutuhan Oksigen di Provinsi Aceh
Foto/Ist
A A A
JAKARTA - PT Pupuk Iskandar Muda Aceh (PIM), yang merupakan anak usaha PT Pupuk Indonesia (Persero) , berkomitmen membantu kebutuhan oksigen di masa pandemi Covid-19 di seluruh Provinsi Aceh. Komitmen itu disampaikan Direktur Utama PT Pupuk Iskandar Muda Budi Santoso Syarif pada acara penyerahan bantuan oksigen untuk penanganan Covid-19 di Provinsi Aceh (Sabtu, 7 Agustus 2021).

Penyerahan oksigen dilaksanakan di kompleks perumahan PIM secara simbolis diterima kepala Humas RSU Cut Mutia Lhokseumawe Jalaluddin mewakili Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Aceh Utara.

Hadir pada acara tersebut Plt. Kepala Dinas Pertanian dan Pangan Aceh Utara Erwandi MSi, Direktur Operasi dan Produksi Jaka Kirwanto, Direktur Keuangan & Umum Rochan Syamsul Hadi, SVP Sekretaris Perusahaan & Tata Kelola Yuanda Wattimena, SVP Operasi Al Hamidi Yusran, SVP Umum Syaifuddin Noerdin, VP Humas Nasrun, VP Pelayanan Umum Zulhadi dan undangan lainnya.

Baca juga:Polemik Pemecatan Belasan Dosen dan Karyawan UMB, Pesangon Dinilai Tidak Sesuai Aturan

"Sesuai arahan dari Menteri BUMN, kami siap membantu pemerintah agar rumah sakit yang menjadi rujukan perawatan pasien Covid-19 tidak terkendala akan pasokan oksigen. Walaupun hingga saat ini di Provinsi Aceh kebutuhan akan oksigen masih dapat teratasi," kata Budi Santoso Syarif dalam sambutannya, dikutip Minggua (8/8/2021).

Budi menambahkan, PT Pupuk Iskandar Muda mempunyai pabrik air separation plant dengan produk utama nitrogen untuk kebutuhan pabrik dan produk samping berupa oksigen yang sudah tidak diproduksi selama 15 tahun. Namun, melihat tingginya kebutuhan oksigen saat ini sebagai bentuk komiten perusahaan dalam upaya penanganan Covid-19, PT PIM mengoptimalkan produksi oksigen dengan mengurangi kapasitas produksi nitrogen untuk kebutuhan pabrik.

"Mewakili manajemen PIM saya sangat mengapresiasi seluruh kerja keras rekan-rekan karyawan yang sudah bertekad kuat untuk mengoperasikan kembali pabrik nitrogen dan oksigen sehingga kita dapat membantu sesama dalam penanganan Covid-19," urai Budi.

Pabrik PIM sendiri dapat memproduksi oksigen 50-75 botol/hari. Untuk loading oksigen akan dilakukan secara bertahap sesuai kebutuhan dan permintaan dari rumah sakit. Rumah sakit hanya perlu mempersiapkan tabung oksigen untuk diisi ulang.

Baca juga:Tolak Vaksin karena Merasa Bugar, Binaragawan Inggris Meninggal Akibat Covid-19

PT Pupuk Iskandar Muda berkomitmen membantu pemerintah dalam penanganan penyebaran kasus Covid-19. Upaya-upaya untuk menghentikan penyebaran virus di lingkungan perusahaan gencar dilakukan, mulai dari membentuk Tim Tanggap Covid-19 PT PIM, menjalankan prokes new normal, vaksinasi untuk seluruh karyawan, tenaga alih daya, dan keluarga karyawan, serta pemberian bantuan kepada masyarakat yang terdampak Covid-19.

Sementara itu, Kepala Humas RSU Cut Mutia Jalaluddin, menyatakan atas nama pemerintah daerah mereka mengucapkan terima kasih kepada Manajemen PT Pupuk Iskandar Muda yang telah memberikan bantuan oksigen. Menurutnya, bantuan yang diberikan merupakan komitmen perusahaan terhadap upaya penanganan pasien Covid-19.

"Kerja sama dengan pemerintah Aceh Utara dan pihak rumah sakit sejak awal mewabahnya Covid-19 di Indonesia sudah dilakukan, PT PIM juga memberi bantuan Disinfectant Chamber, penyemprotan disinfectan, bantuan APD dan bantuan lainnya dalam rangka pencegahan penyebaran Covid 19 di Lhokseumawe dan Aceh Utara," kata Mutia Jalaluddin.
(uka)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.3385 seconds (0.1#10.140)