Menyusul Telkomsel dan Indosat, Kini XL Axiata Punya Layanan 5G

Kamis, 12 Agustus 2021 - 19:10 WIB
loading...
Menyusul Telkomsel dan Indosat, Kini XL Axiata Punya Layanan 5G
Foto/Ist
A A A
JAKARTA - Menteri Komunikasi dan Infomartika Johnny G. Plate mengumumkan bajwa XL Axiata resmi mendapatkan Surat Keterangan Laik Operasi (SKLO) untuk komersialisasi layanan 5G . Perolehan SKLO tersebut didapat sehari setelah dilakukannya ULO 5G, yaitu pada tanggal 6 Agustus yang lalu.

Baca juga:Dapat Sponsor Utama, Liga 1 2021/2022 Sudah Punya Nama

“Dengan penerbitan SKLO ini, sesuai dengan amanat Pasal 4 Permen Kemenkominfo No.5 tentang penyelenggaraan telekomunikasi, maka layanan jaringan, seluruh sarana dan prasarana 5G yang dibangun secara teknis oleh XL Axiata, siap beroperasi," ujarnya dalam konferensi pers virtual, Kamis (12/8/2021).

Johnny menuturkan lokasi uji coba internet 5G XL Axiata berlokasi di Jalan Margonda, Depok, Jawa Barat. Setelah dilakukan uji coba, masyarakat Indonesia bisa memanfaatkan tiga operator telekomunikasi yang menyediakan layanan dengan jaringan 5G yakni Telkomsel, Indosat, dan XL Axiata.

Tentu, dengan adanya 5G di Tanah Air dapat mendukung segala keperluan masyarakat terlebih saat ini kebutuhan akan kualitas internet sangat diperlukan. Johnny menyebut XL Axiata akan menggunakan teknologi Dynamic Spectrum Sharing (DSS) dengan menggunakan gabungan pita frekuensi 1.800 MHz dengan 2.100 MHz.

"Keberadaan operator seluler ketiga yang menyediakan layanan jaringan 5G, menunjukkan bahwa industri penyediaan layanan jaringan 5G dapat berkembang secara komersial dengan baik di Indonesia,” ucapnya.

Baca juga:KSAL Kirim Prajurit Taifib Korps Marinir ke Amerika Serikat

Sebelum diluncurkannya XL Axiata, Telkomsel merupakan operator pertama yang menghadirkan layanan 5G di Indonesia, kemudian disusul oleh Indosat Ooredoo.
(uka)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2217 seconds (0.1#10.140)