IMF Tutup Akses Afghanistan Mengambil Dana Pinjaman Senilai USD370 Juta

Jum'at, 20 Agustus 2021 - 10:35 WIB
loading...
A A A
Ajmal Ahmady, yang melarikan diri dari negara itu pada akhir pekan lalu, men-tweeted bahwa total cadangan Da Afghanistan Bank adalah sekitar USD9 miliar pada minggu lalu.

Tetapi dia mengatakan sesuai standar internasional, sebagian besar dipegang dalam aset likuid yang aman seperti obligasi Treasury AS dan emas di luar negeri.

"Mengingat bahwa Taliban masih dalam daftar sanksi internasional, diharapkan (dikonfirmasi?) bahwa aset semacam itu akan dibekukan dan tidak dapat diakses oleh Taliban," tulis Ahmady di Twitter.

"Kita dapat mengatakan dana yang dapat diakses oleh Taliban mungkin 0,1-0,2% dari total cadangan internasional Afghanistan. Tidak banyak," sambungnya.

Ahmady menambahkan, bahwa pengiriman dolar telah ditangguhkan oleh Washington yang menyebabkan mata uang Afghanistan terdepresiasi. Mata uang Afghanistan, Afghani telah jatuh ke rekor terendah.

"Saya percaya bank-bank lokal telah mengatakan kepada nasabah, bahwa mereka tidak dapat mengembalikan dolar mereka – karena (Da Afghanistan Bank) belum memasok bank dengan dolar," tweetnya.

"Ini benar. Bukan karena dana telah dicuri atau ditahan di lemari besi, tetapi karena semua dolar yang ada di rekening internasional sudah dibekukan," paparnya.



Pada bulan Juni, IMF memberi Afghanistan angsuran pinjaman terbaru yang disetujui pada bulan November. Pada bulan yang sama, PBB menerbitkan sebuah laporan yang menyatakan bahwa "sumber utama pembiayaan Taliban tetap menjadi kegiatan kriminal,".

Termasuk "perdagangan narkoba dan produksi opium, pemerasan, penculikan untuk tebusan, eksploitasi mineral dan pendapatan dari pengumpulan pajak di daerah-daerah di bawah kendali atau pengaruh Taliban."
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1782 seconds (0.1#10.140)