Gagal Terus Ikut Kartu Prakerja, Cek Mungkin Ini Penyebabnya

Sabtu, 04 September 2021 - 23:00 WIB
loading...
Gagal Terus Ikut Kartu Prakerja, Cek Mungkin Ini Penyebabnya
Ilustrasi Kartu Prakerja. FOTO/SINDOnews
A A A
JAKARTA - Meski sudah masuk Gelombang 19, tak sedikit calon pendaftar Kartu Prakerja yang mengeluh selalu gagal lolos seleksi tanpa diberi alasan yang jelas. Sebagian besar dari pelamar menduga penyebab gagal seleksi gelombang Kartu Prakerja lantaran Nomor Induk Kependudukan (NIK) tercatat sebagai penerima bantuan lain dari pemerintah.

Saat ini pelamar Kartu Prakerja yang dinyatakan gagal seleksi bisa melihat penyebabnya di dashboard akun masing-masing. Pertama, pelamar cukup membuka laman www.prakerja.go.id. Kemudian, login dengan memasukkan alamat email yang terdaftar dan password.



Jika sudah masuk bagian dashboard, pilih fitur 'riwayat gelombang' untuk mengecek penyebab gagal seleksi Kartu Prakerja. Jadi, sebelum mendaftar Kartu Prakerja, ada beberapa yang harus dilakukan untuk mencegal gagal itu terjadi. Mengutip akun Instagram @prakerja.go.idSabtu (4/9/2021) berikut langkah-langkahnya jika NIK terdaftar di program lain:

1. NIK terdaftar di BPJS Ketenagakerjaan sebagai penerima BLT/BSU
Cek statusmu di www.bsu.kemnaker.go.id atau melalui Call Center di nomor 1500 630.

2. NIK terdaftar sebagai penerima BPUM (Banpres Produktif Usaha Mikro)
Cek statusmu di eform.bri.co.id/bpum.

3. NIK terdaftar di Kemendikbud cek statusmu di Sekolah, Perguruan Tinggi terkait atau Kemendikbud untuk memperbaharui statusmu.

4. NIK terdaftar sebagai penerima Bansos? Lapor ke dtks.kemensos.go.id.

5. KTP atau NIK tidak valid? Segera hubungi Dukcapil di Call Center: 1500 537 Whatsapp/SMS: 08118005373; Email: callcenter@dukcapil.kemendagri.go.id atau kunjungi kantor Dukcapil terdekat di kotamu.

Menurut laman tanya jawab (FAQ) Prakerja, jika Anda beberapa kali gagal mendaftar kartu prakerja, langkah yang harus dilakukan adalah dengan membuat pengaduan ke manajemen prakerja. Caranya adalah dengan mengisi surat pernyataan yang bisa diunduh melalui link surat pernyataan gagal 3 kali.

Baca Juga: Enake Pol! Segini Uang Saku PNS Dinas ke Luar Negeri

Jika sudah diisi dengan benar, surat pernyataan tersebut dikirimkan ke alamat email kepesertaan@prakerja.go.id. Daftarkan email Selanjutnya, Manajemen Prakerja akan memeriksa surat tersebut.
(nng)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1709 seconds (0.1#10.140)