Telan Biaya Rp1,1 Triliun, Bendungan Bendo Diresmikan Jokowi

Selasa, 07 September 2021 - 12:38 WIB
loading...
Telan Biaya Rp1,1 Triliun, Bendungan Bendo Diresmikan Jokowi
Presiden Joko Widodo meresmikan proyek Bendungan Bendo, di Ponorogo, Jawa Timur. FOTO/YouTube Sekretariat Presiden/Dita Angga Rusiana
A A A
JAKARTA - Presiden Joko Widodo (Jokowi) hari ini melakukan kunjungan kerja (kunker) ke Provinsi Jawa Timur (Jatim). Dalam kunjungannya tersebut Jokowi meresmikan Bendungan Bendo yang ada di Kabupaten Ponorogo.

“Dan dengan mengucap bismillahirohmanirohim Bendungan Bendo Di Kabupaten Ponorogo Provinsi Jawa Timur siang hari ini saya nyatakan diresmikan,” katanya, Selasa (7/9/2021).



Dia mengatakan bahwa pembangunan bendungan ini memakan biaya Rp. 1,1 triliun. Dimana memiliki kapasitas 43 juta meter kubik dengan luas genangan 170 hektar dan tinggi bendungan 74 meter.

“Ini akan menyediakan irigasi untuk 7.800 hektar sawah. Dan juga untuk pasokan air baku 370 liter per detik. Serta bisa mengurangi banjir, mereduksi banjir 31% atau 117,4 meter kubik per detik,” ujarnya.

Jokowi pun berpesan agar Bendungan Bendo dimanfaatkan sebaik-baiknya. Utamanya dalam meningkatkan produktivitas para petani.



“Saya ingin berpesan agar bendungan ini dimanfaatkan dengan sebaik-baiknya. Disambungkan dengan seluruh jaringan irigasi yang ada. Sehingga sekali lagi masyarakat, utamanya para petani bisa meningkatkan produktivitas pertaniannya,” pungkasnya.
(nng)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1646 seconds (0.1#10.140)