Gandeng MUI, Jusuf Hamka Siap Kembangkan Wakaf Infrastruktur

Kamis, 16 September 2021 - 18:09 WIB
loading...
Gandeng MUI, Jusuf Hamka Siap Kembangkan Wakaf Infrastruktur
Pengusaha Jusuf Hamka memberikan wakaf senilai Rp500 juta kepada LWMUI yang diserahkan langsung di hadapan Ketua Umum MUI KH Miftahul Akhyar dan Ketua Badan Wakaf Indonesia (BWI) Prof Dr Muhammad Nuh. Foto/Ist
A A A
JAKARTA - Pengusaha nasional Muhammad Jusuf Hamka tergerak hatinya untuk bersama-sama Majelis Ulama Indonesia (MUI) mengembangkan wakaf uang dan wakaf produktif untuk mendorong ekonomi syariah dan pembangunan nasional.

Ia bersama sejumlah pengusaha lainnya mendukung gerakan wakaf uang dan wakaf produktif yang dikembangkan oleh Lembaga Wakaf Majelis Ulama Indonesia (LWMUI). Untuk tahap awal, Jusuf Hamka memberikan wakaf senilai Rp500 juta kepada LWMUI yang diserahkan langsung di hadapan Ketua Umum MUI KH Miftahul Akhyar dan Ketua Badan Wakaf Indonesia (BWI) Prof Dr Muhammad Nuh, pada acara Gerakan Wakaf Uang MUI untuk Dakwah dan Penguatan Ekonomi Umat, di Gedung MUI.



Selain Jusuf Hamka, pengusaha nasional Diana Dewi juga menyerahkan wakaf sejumlah Rp500 juta. Ketua Kamar Dagang dan Industri (Kadin) DKI Jakarta tersebut mempercayakan pengelolaan wakaf kepada nazhir Lembaga Wakaf MUI.

Bersamaan dengan itu juga sejumlah tokoh yang selama ini konsen dalam pengembangan ekonomi syariah dari Bank Indonesia, Otoritas Jasa Keuangan, lembaga filantropi Dompet Dhuafa, dan masyarakat umum menyalurkan wakafnya melalui LWMUI.

“Saya mewakafkan sebesar Rp500 juta,” ungkap Jusuf Hamka dalam acara yang digelar di Aula Buya Hamka Gedung MUI, Jakarta, Kamis (16/9/2021). “Ini bukan cek Akidi Tio,” seloroh pengusaha jalan tol ini.

Lembaga Wakaf MUI bersama Jusuf Hamka sedang menyiapkan model bisnis wakaf infrastruktur, khususnya jalan tol yang produktif. “Kita rumuskan konsep dan model bisnisnya sehingga umat bisa memiliki jalan tol, kami berharap melalui skema wakaf produktif kita dorong akselerasi pengembangan ekonomi syariah,” kata Ketua LWMUI Lukmanul Hakim.

Lukman Hakim yang juga menjabat Staf Khusus Wakil Presiden RI menyebutkan wakaf harus menjadi pendorong pemulihan ekonomi nasional. Dan ini menjadi kekuatan ekonomi umat, karena wakaf asetnya akan terus bertambah seiring prinsip wakaf pokoknya tidak boleh berkurang.

Jusuf Hamka mengungkapkan dia tertarik mengembangkan wakaf produktif untuk mengimplementasikan ekonomi syariah yang tepat. “Saya tidak mengajak umat bermimpi, tapi saya ingin mengajak umat menikmati mimpi saya,” ujar Jusuf Hamka.


Sekretaris Lembaga Wakaf MUI Guntur Subagja Mahardika memaparkan program-program unggulan yang sedang disisiapkan. Selain wakaf infrastruktur, LWMUI juga mengembangkan wakaf pertanian, perikanan, dan peternakan dalam program Green Wakaf. Disamping itu juga menyiapkan program wakaf Rumah Kemasan dan Pemasaran produk UMKM Halal, Bank wakaf Mikro, dan klinik kesehatan.

“Wakaf MUI harus mampu meningkatkan ekonomi kerakyatan dan ekonomi umat,” papar Guntur. Dengan pengelolaan dana wakaf pada sektor-sektor produktif dapat meningkatkan kesejahteraan masyarakat.
(dar)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1537 seconds (0.1#10.140)