Ini 5 Jurus Menteri Sandiaga Pulihkan Sektor Parekraf

loading...
Ini 5 Jurus Menteri Sandiaga Pulihkan Sektor Parekraf
Menparekraf Sandiaga Salahudin Uno menyampaikan 5 langkah dalam pemulihan sektor pariwisata dan ekonomi kreatif. Foto/Ilustrasi/Dok. SINDOnews
JAKARTA - Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Uno mengungkapkan 5 langkah dalam memulihkan sektor pariwisata dan ekonomi kreatif ( parekraf ) di masa pandemi Covid-19, khususnya pasca pelonggaran PPKM.

Menparekraf mengatakan, upaya pemulihan tersebut terdiri dari perluasan pasar, peningkatan kapasitas SDM, revitalisasi destinasi, peningkatan resiliensi daya saing usaha dan inovasi jasa dan produknya.

Baca Juga: DPR Ketok Palu, Anggaran Kemenparekraf Disetujui Rp3,7 Triliun di 2022

"Pertama, pemulihan dan perluasan. Saya kira dimulai dengan perbaikan yang mencakup pemulihan wisnus dengan menggaungkan Bahagia Berwisata di Indonesia Saja. Tak hanya itu, produk #InDOnesiaCARE sebagai pemasaran produk ekraf Gernas Bangga Buatan Indonesia, dan Kreatif Lokal," papar Sandiaga melalui konferensi virtual dalam Rakornas Kemenparekraf, Senin (27/9/2021).



Kedua, lanjut dia, peningkatan kapasitas SDM melalui re-skilling dan up-skilling, sertifikasi kompetensi dan pendampingan dan wirausaha SDM Parekraf.

Ketiga, revitalisasi destinasi pariwisata dan Infrastruktur ekonomi kreatif dengan melakukan pemantapan manajemen dan tata kelola destinasi, pengembangan desa wisata,serta pengembangan sarananya.

Baca Juga: Diserang Soal HAM Papua, Indonesia: Vanuatu Anjurkan Separatisme Berkedok Peduli HAM

"Keempat, peningkatan resiliensi dan daya saing usaha melalui pemberian insentif dan akses permodalan, standardisasi usaha dan sertifikasi CHSE dan reaktivasi Usaha," jelasnya.

Terakhir, inovasi produk dan jasa melalui fasilitasi pengembangan produk dan jasa, perlindungan HaKI dan transformasi digital, produk wisata berkualitas melalui apresiasi kreasi Indonesia.
(fai)
preload video
TULIS KOMENTAR ANDA!
Top