Ini 5 Jurus Menteri Sandiaga Pulihkan Sektor Parekraf

Senin, 27 September 2021 - 13:24 WIB
loading...
Ini 5 Jurus Menteri Sandiaga Pulihkan Sektor Parekraf
Menparekraf Sandiaga Salahudin Uno menyampaikan 5 langkah dalam pemulihan sektor pariwisata dan ekonomi kreatif. Foto/Ilustrasi/Dok. SINDOnews
A A A
JAKARTA - Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Uno mengungkapkan 5 langkah dalam memulihkan sektor pariwisata dan ekonomi kreatif ( parekraf ) di masa pandemi Covid-19, khususnya pasca pelonggaran PPKM.

Menparekraf mengatakan, upaya pemulihan tersebut terdiri dari perluasan pasar, peningkatan kapasitas SDM, revitalisasi destinasi, peningkatan resiliensi daya saing usaha dan inovasi jasa dan produknya.



"Pertama, pemulihan dan perluasan. Saya kira dimulai dengan perbaikan yang mencakup pemulihan wisnus dengan menggaungkan Bahagia Berwisata di Indonesia Saja. Tak hanya itu, produk #InDOnesiaCARE sebagai pemasaran produk ekraf Gernas Bangga Buatan Indonesia, dan Kreatif Lokal," papar Sandiaga melalui konferensi virtual dalam Rakornas Kemenparekraf, Senin (27/9/2021).

Kedua, lanjut dia, peningkatan kapasitas SDM melalui re-skilling dan up-skilling, sertifikasi kompetensi dan pendampingan dan wirausaha SDM Parekraf.

Ketiga, revitalisasi destinasi pariwisata dan Infrastruktur ekonomi kreatif dengan melakukan pemantapan manajemen dan tata kelola destinasi, pengembangan desa wisata,serta pengembangan sarananya.



"Keempat, peningkatan resiliensi dan daya saing usaha melalui pemberian insentif dan akses permodalan, standardisasi usaha dan sertifikasi CHSE dan reaktivasi Usaha," jelasnya.

Terakhir, inovasi produk dan jasa melalui fasilitasi pengembangan produk dan jasa, perlindungan HaKI dan transformasi digital, produk wisata berkualitas melalui apresiasi kreasi Indonesia.
(fai)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1818 seconds (0.1#10.140)