Ada 1.300 UMKM di Jakarta Pasang Spanduk Airlangga, Kok Bisa?

Minggu, 10 Oktober 2021 - 20:19 WIB
loading...
Ada 1.300 UMKM di Jakarta Pasang Spanduk Airlangga, Kok Bisa?
Spanduk bergambar Airlangga Hartarto terpasang di sejumlah warung dan lokasi usaha UMKM. Pemasangan spanduk tersebut ternyata dilakukan oleh kelompok. Foto/Dok
A A A
JAKARTA - Spanduk bergambar Airlangga Hartarto terpasang di sejumlah warung dan lokasi usaha UMKM . Pemasangan spanduk tersebut ternyata dilakukan oleh kelompok yang menamakan diri UMKM usAHA.

Koodinator UMKM usAHA, wilayah Kota Jakarta Selatan, Anggi Rizky Febriani menjelaskan, UMKM usAHA adalah kelompok pemberdayaan masyarakat, yang kegiatannya berfokus pada pelatihan pendampingan dan bantuan pada Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM).



Anggi mengatakan, UMKM usAHA pembinanya adalah Airlangga Hartarto. "Pak Airlangga adalah pembina dari Kelompok UMKM usAHA. Kami minta beliau menjadi Pembina UMKM usAHA, karena kami rasa beliau punya kepedulian yang besar pada UMKM sebagai upaya pemulihan ekonomi nasional," jelasnya kepada wartawan, Sabtu (9/10/2021).

Untuk saat ini, UMKM usAHA baru ada di 28 Kab/Kota di Pulau Jawa. Jumlah anggota komunitasnya sekitar 11 ribuan. Untuk daerah Jakarta Selatan ada 325 UMKM binaan, dan di Jakarta ada 1305 yang telah bergabung dalam komunitas.

Perempuan 29 tahun itu mengaku, komunitas UMKM usAHA bukanlah program pemerintah, juga bukan program Partai Golkar. Sehingga pemunculan Airlangga di setiap spanduk yang tertera di warung bukan sebagai menteri ataupun ketua partai tapi sebagai pembina dari UMKM usAHA.

"Yaa masa sih kami gak mau show up, iniloh pembina kita, Bapak Airlangga Hartarto, pembina UMKM usAHA" kan biar masyarakat juga tau siapa sih orang yang care dengan UMKM sampai skala super mikro di masa pandemi gini," ujar Anggi.



UMKM usAHA sendiri menurut Anggi memiliki berbagai program. Selain pelatihan WirausAHA Maju yang sudah dilakukan, kedepan akan ada beberapa program lagi yang akan segera dijalankan diantaranya Program usAHA bantu usaha dan usAHa borong usaha.
(akr)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2204 seconds (0.1#10.140)