Buka Rekening Sekarang, Nabung Aman & Berlimpah Hadiah di Pesta7 MNC Bank (BABP)!

Senin, 11 Oktober 2021 - 09:09 WIB
Buka Rekening Sekarang, Nabung Aman & Berlimpah Hadiah di Pesta7 MNC Bank (BABP)!
Merayakan ulang tahun ke-7 MNC Bank bertema PESTA7 Melayani Semua, sebagai bentuk apresiasi, selama bulan Oktober 2021 tersedia ribuan e-voucher Shopee senilai Rp100.000 dan kaus edisi terbatas Ikatan Cinta. Foto/Dok MNC Bank
A A A
JAKARTA - Awal bulan selalu menjadi waktu yang membahagiakan bagi pekerja. Mau belanja dan transaksi apa saja seolah tanpa halangan karena gaji berada di genggaman. Namun akibat kurang strategi dalam mengatur keuangan , jangan heran sebelum bulan berganti, gaji sudah tidak berbekas alias habis, bahkan mungkin malah memupuk pinjaman baru.

Baca Juga: FOMO & YOLO Bikin Milenial Gagal Sejahtera, Ini Tips Jitu dari MotionBanking

Memastikan keuangan tetap sehat, bukan sesuatu yang mudah, apalagi pertentangan antara kebutuhan dan keinginan. Karenanya diperlukan kemauan dan konsistensi dalam melakukannya. Berikut adalah sedikit cara efektif mengatur gaji di awal bulan supaya tetap aman hingga akhir bulan:

1. Evaluasi Pengeluaran Bulan Lalu



Evaluasi ini bisa dilakukan dengan menganalisis mutasi keuangan Anda. Menganalisis mutasi keuangan sangat penting untuk menjaga pemasukan dan pengeluaran tetap seimbang.

Hasil analisis mutasi keuangan ini juga menjadi rekaman data pengeluaran Anda dan tentunya membantu Anda menjawab pertanyaan, "Ke mana saja larinya gaji bulan lalu?"Hasil analisis transaksi keuangan Anda bisa membantu untuk menentukan jenis pos-pos keuangan mana yang harus dikurangi, ditambahkan atau bahkan dihilangkan satu bulan ke depan.

2. Menentukan Skala Prioritas

Kebutuhan versus keinginan, merupakan momok sejak dahulu. Menentukan skala prioritas kebutuhan menjadi salah satu kunci untuk menjaga kesehatan keuangan. Tentunya, setiap pribadi memiliki prioritas kebutuhan yang berbeda-beda.

Buat daftar semua kebutuhan di bulan ini, urutkan dari yang paling penting hingga yang sekadar keinginan saja. Jangan lupa juga mempertimbangkan evaluasi pengeluaran bulan lalu.
Halaman :
Mungkin Anda Suka
Komentar
Copyright © 2021 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.1500 seconds (10.177#12.26)