Kemenhub Sebut Sinergi Gojek-TBS Membangun Ekosistem Kendaraan Listrik Layak Dicontoh

Senin, 22 November 2021 - 09:43 WIB
loading...
Kemenhub Sebut Sinergi Gojek-TBS Membangun Ekosistem Kendaraan Listrik Layak Dicontoh
Dalam waktu dekat Gojek akan melakukan uji coba layanan kendaraan listrik melalui aplikasi. Foto/Dok SINDOnews/Ali Masduki
A A A
JAKARTA - Kementerian Perhubungan (Kemenhub) mengapresiasi peluncuran Electrum, usaha patungan PT Aplikasi Karya Anak Bangsa (Gojek) dengan PT Karya Baru TBS (TBS) yang bertujuan mendorong pengembangan ekosistem kendaraan listrik.

Kolaborasi strategis pertama dalam membangun ekosistem kendaraan listrik roda dua di Indonesia ini sekaligus mendukung rencana pemerintah untuk menjadikan pengembangan industri kendaraan listrik sebagai prioritas nasional.

Pengembangan industri kendaraan listrik sudah diatur dalam Peraturan Presiden Republik Indonesia Nomor 55 Tahun 2019 tentang Percepatan Program Kendaraan Bermotor Listrik Berbasis Baterai (Battery Electric Vehicle) untuk Transportasi. Perpres Nomor 55 tahun 2019 ini diteken presiden Joko Widodo pada 8 Agustus 2019.



Dirjen Perhubungan Darat Kemenhub Budi Setiyadi mengatakan, inisiatif Gojek dan TBS ini merupakan bagian dari percepatan transisi menuju ke kendaraan listrik. Pemerintah telah mendorong percepatan menuju kendaraan listrik dimulai dari kendaraan umum dan kendaraan pemerintah. “Untuk percepatan angkutan umum ini, kami sudah menyasar ke beberapa layanan transportasi termasuk Gojek," kata Budi, dikutip Senin (22/11/2021).

Menurut Budi, pihaknya sudah beberapa kali menjalin komunikasi dengan Gojek dan ternyata Gojek juga tengah melakukan penelitian dan pengembangan sendiri. "Langkah Gojek dan TBS membentuk Electrum bisa menjadi contoh yang lain,” ucapnya.

Dia meyakini upaya Gojek dan TBS ini akan memberikan motivasi besar dan meningkatkan kepercayaan masyarakat terhadap pemerintah, terutama menyangkut sepeda motor listrik atau kendaraan listrik yang memang sedang digagas bersama.

Jika kepercayaan meningkat, proses transisi menuju ke kendaraan listrik akan lebih mudah. Selain itu, Budi juga berharap langkah Gojek ini diikuti perusahaan-perusahaan sejenis lainnya.

“Kami atas nama Kementerian Perhubungan mengucapkan terima kasih kepada Gojek yang telah me-launching Electrum, sebuah ekosistem kendaraan listrik berbasis baterai bersama dengan PT TBS. Mudah-mudahan ini akan mendorong operator lain untuk juga mulai beralih menggunakan kendaraan listrik,” tuturnya.

Co-Founder dan CEO Gojek Kevin Aluwi mengatakan, pihaknya dalam waktu dekat akan melakukan uji coba layanan kendaraan listrik ini di aplikasi Gojek. “Buat kami, ini adalah kesempatan untuk bisa mengundang masyarakat dapat berpartisipasi dalam gerakan ini. Jadi mereka bisa menunjukkan keinginannya untuk memesan atau order layanan pesan antar kepada mitra Gojek yang menggunakan motor listrik,” jelas dia.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1888 seconds (0.1#10.140)