Bangkit dari Pandemi, Pakar Beberkan 3 Peran Pemimpin Usaha di Masa Perubahan

Jum'at, 26 November 2021 - 22:22 WIB
loading...
A A A
Menurut dia, rumusnya cukup sederhana yaitu meningkatkan revenue dan menjaga efisiensi, mulai mencari dan menerapkan cara menggenjot efisiensi dan meningkatkan performa, yang meningkatkan revenue.

Lebih lanjut, dia mengupas cara agar usaha terus tumbuh dan bahkan bertahan turun temurun. Kuncinya adalah memiliki purpose atau alasan mendasar untuk lahir dan hadir di pasaran. Dia menekankan, alasan ini tidak cukup jika cuma mengejar profit, sebab profit hanya jangka pendek.

Sebaiknya purpose ini bisa menjadi kontribusi bagi dunia, bagi bangsa dan bagi kehidupan. Hal ini sudah dipraktikkan oleh perusahaan-perusahaan besar dunia.

“Ini membuat kita saat berbisnis tidak merasa berbisnis, melainkan seperti sedang menjalankan misi, namun tetap mendapat bayaran dan mengumpulkan keuntungan,” tutur Jamil.



Usaha yang berorientasi profit semata, jelas berbeda dengan perusahaan yang berorientasi pada purpose. Perusahaan yang berorientasi pada purpose berusaha menambah value pelanggannya, menjaga bisnis pelanggannya, dan memastikan bisnis pelanggannya berkelanjutan.

Sisi purpose organisasi ini juga perlu dipertimbangkan saat memilih mitra dari organisasi atau perusahaan lain. Mitra yang akan diajak berkolaborasi sebaiknya memiliki tujuan yang sama dan hadir dengan investasi produk yang tepat dan sejalan dengan misi usaha kita.

“Di Indonesia, kita bisa melihat Trakindo sebagai salah satu contohnya. Hari ini Cat 320 GX diluncurkan sebagai upaya agar pelanggan bisa cepat mengembalikan investasi, lebih efisien dalam performa kerja dan akhirnya meraih lebih banyak untung," bebernya.

Jami menilai upaya Trakindo ini juga ditujukan untuk membangun bangsa, yaitu agar sektor industri bisa kembali menjadi motor penggerak pemulihan ekonomi. "Inilah contoh perusahaan yang memiliki purpose yang baik,” tukasnya.

Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1220 seconds (0.1#10.140)