Pejabat Kemenlu AS Sebut Indonesia Pegang Peran Penting di G20

Selasa, 30 November 2021 - 19:15 WIB
loading...
Pejabat Kemenlu AS Sebut Indonesia Pegang Peran Penting di G20
Asisten Menteri Luar Negeri Amerika Serikat (AS) untuk Kawasan Asia Timur dan Pasifik Daniel J. Kritenbrink. Foto/KedubesAS
A A A
JAKARTA - Asisten Menteri Luar Negeri Amerika Serikat (AS) untuk Kawasan Asia Timur dan Pasifik Daniel J. Kritenbrink mengungkapkan, kedatangannya ke Indonesia kali ini adalah untuk menunjukkan betapa pentingnya Indonesia bagi AS .



"Kedatangan saya di sini ingin menegaskan bahwa Indonesia memegang peran penting, dan juga demi kemitraan strategis antara Indonesia dan AS," ujar Kritenbrink dalam Media Roundtable Interview di Jakarta, Selasa(30/11/2021).

Indonesia, menurut dia, adalah sebuah negara besar dengan penduduk mayoritas muslim terbesar di dunia. Bahkan, Indonesia sudah masuk menjadi anggota G20 dan memegang peran penting untuk Presidensi G20 di tahun 2022.

"Namun, perlu digingat bahwa setiap negara tidak bisa berjalan sendiri-sendiri. Semuanya butuh kerja sama, salah satunya adalah di bidang keamanan," ungkapnya.

Kritenbrink menyebutkan bahwa hubungan AS dengan China saat ini memang cukup rumit. Sebelumnya, Presiden AS Joe Biden sudah melakukan pertemuan secara virtual dengan Presiden China Xi Jinping pada tanggal 16 November lalu.



"Kami yakin bisa bekerja sama dengan China, misalnya di bidang penanganan perubahan iklim dan pandemi Covid-19. Akan tetapi, kami sendiri aware dengan tindakan China yang berpotensi merusak stabilitas kawasan, namun perlu kami pertegas bahwa kami tidak meminta siapa pun untuk memilih antara China atau AS," pungkasnya.
(uka)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1806 seconds (0.1#10.140)